Tradisi Shalat Tarawih di Masjid Agung Al Falah Jambi

Tradisi Shalat Tarawih di Masjid Agung Al Falah Jambi

Satu Juzz Tiap Taraweh, Dua Imam Bertugas Tiap Malam

MESJID Al Falah atau yang sering disebut Mesjid Agung Seribu Tiang selama ini memang dikenal sebagai salah satu icon Jambi karena cukup kesohor. Pun di Bulan Ramadhan, mesjid ini pun dipadati oleh jemaah karena melaksanaan Taraweh dengan bacaan ayatnya satu juzz dalam semalam.

MHD. FEBRIHARDINA

 

SHALAT Tarawih adalah suatu ibadah Sunnah yang paling diburu oleh umat muslim di kala bulan Ramadhan tiba. Karena shalat tarawih ini hanya terdapat pada bulan Ramadhan, bulan yang dianggap suci bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia.

Shalat tarawih biasanya dikerjakan secara berjamah di masjid-masjid atau musholla dan langgar-langgar, walaupun sebagian ada yang mengerjakan di rumah masing-masing.

Pelaksanaan shlat tarawih di masjid pun ada bermacam cara, ada yang 8 rakaat ada yang 20 rakaat, dan biasanya bacaan ayatnya adalah ayat-ayat pendek Alquran.

Di Kota Jambi, ada salah satu masjid yang bacaan ayat nya satu malam satu juz, sehingga Alquran tersebut akan khattam pada malam terakhir bulan ramadhan dalam pelaksanaan shalat tarawih.

Masjid tersebut adalah Masjid Agung Al Falah Jambi, masjid yang dikenal dengan sebutan masjid seribu tiang tersebut melaksanakan shalat tarawih dengan bacaan ayat satu juz satu malam, dengan 20 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat shalat witir.

Tidak tanggung-tanggung, ada dua yang mengimami proses  shalat tarawih di masjid Al Falah dalam satu malam. Karena ada 20 rakaat, dengan sistem 2 rakaat 1 salam,  pergantian imam tersebut terjadi setelah 5 salam, jadi imam pertama mengimami shlat isya dan 5 salam shalat taraweh, imam ke dua mengimami 5 salam shalat taraweh dan 3 rakaat shalat witir.

Penulis sempat mengikuti pelaksanaan shalat tarawih di Masjid Al Falah pada malam ke 5 bulan ramadhan. Sekitar pukul 19.30 Wib, muadzin mengumandangkan azan untuk shlat isya, mendengar bunyi azan para jamaah dengan tertib memasuki ruangan masjid, setelah selesai shalat isya dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat tarawih.

Karena malam ke 5 bulan Ramadhan, ayat yang dibaca pada pelaksanaan shalattarawih malam itu adalah juzz kelima dengan imam Abdul Qudus S. Hi Alhafiz dan M. Hafiz Ridho Alhafiz. Dua imam ini yang bergantian menjadi imam malam itu.

 

Kedua imam ini sangat khusyu membacakan bacaan sholat dan ayat-ayay Alquran, suasana hening hanya terdengar bacaan imam yang merdu menyentuh ke lubuk hati, terasa damai mendengarkan bacaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: