Perspektif Pemimpin Kerinci di Pemilukada 2013

Perspektif Pemimpin Kerinci di Pemilukada 2013

Oleh Syamsul Bahri, SE

Di era pasar bebas, globalisasi serta perubahan iklim saat ini, pertarungan ekonomi di selat malaka akan secara bertahap berubah dengan akan dibangunnya terusanKraatau terusan Thai (tanahgentingKra) yang akanmengubah geo-ekonomi global (khususnya Asia Timur). Kita tahu Asia Timur saat ini semakin hari semakin menjadi pusat ekonomi dunia, seiring dengan semakin turunnya pengaruh AS sebagai Negara adidaya (terutama akibat krisis akhir-akhir ini).

Terusan Kraatau adalah sebuah pembangunan terusan yang akan melewati Thailand selatan untuk mempersingkat transportasi di wilayah tersebut.

SepertiTerusan Panama dan Terusan Suez. Kemungkinan besarnya pemerintah Thailand akan membuka TerusanKra pada 2014 mendatang. Thailand menganggarkan dana 21, 2 milyar Dollar AS untuk pengerukan Terusan Kra tersebut, karena akan memperpendek jalur transportasi di asia timur, terutama ke dan dari Cina, serta adanya pengaruh negative seperti perompak, terorisme di semanjung Malaya.

Pembangunan Terusan Thai ini, akan memberikan keuntungan secara ekonomi bagi Pulau Sumatera, karena arus barang akan melalui pulau sumatera yaitu pelabuhan Sabang di aceh yang akan menjadi pelabuhan bebas Interbnasional menggantikan posisi Singapura, dan pengaruh tersebut akan membawa nilai positif bagi Provinsi Jambi, termasuk Kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh yang berada di Wilayah Timur Pulau Sumatera bersama dengan Riau.

Kondisi ini akan diperkuat lagi pembangunan Jembatan selat Sunda, tentunya akan member pengaruh positif bagi Jambi secara multiplayer effect, karena aktivitas pusat ekonomi secara bertahap akan berada di Prop Lampung,

Nilai positif dan potensi positif tersebut, tentunya akan dapat diraih dan direbut untuk kepentingan masyarakat dan rakyat Kerinci dalam Propinsi Jambi sebagai daerah potensial pertanian, pertambangan, perkebunan, pariwisata dll, dengan kepemimpinan yang bisa memahami dan memiliki naluri entrepreneurship dan inovasi yang handal.

Untuk Kabupaten Kerinci, Pilkada Kerinci tanggal 8 September 2013, menjadi momentum penting dalam menyeleksi PemimpinKerinci yang visioner, dimana saatini sementara terdapat 6 Pasangan.

Diharapkan Visi dan Misi para pasangan Calon Bupati, tidak  terlalu miskin, hanya berpikir secara localistik, namun harus berpikir kondisi global dan pasar bebas, yang tentunya sekarang dan kedepan, Kabupaten Kerinci menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari globalisasi baik ekonomi maupun  lingkungan, dan itu pasti. Sehingga perspektif pemimpin yang diharapkan untuk bisa menjadi manajer sebuah perusahaan yang bernama ”KabupatenKerinci

Sebagai pasangan Pemimpin Kerinci yang akan dating harus dapat mengantarkan Kabupaten Kerinci untuk membangun, menata dan mensejahterakan masyarakat secara adil, aman, tentram.

(Penulis adalah Conservationis di TNBD, Pengajar STIE-SAK)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: