Polda Lepas Regu Napak Tilas

Polda Lepas Regu Napak Tilas

JAMBI - Kapolda Jambi, Brigjen Pol Satria Hari Prasetya, sore ini, Sabtu (31/8), melepas keberangkatan Regu Beranting Napak Tilas Sejarah Perjuangan Bhayangkara Polri, dari Sabang sampai Merauke. Keberangkatan tim tersebut dimulai dari depan Mapolda Jambi, melewati rute Tugu Juang, hingga ke perbatasan Jambi. 

Selanjutnya beranting ini akan menuju Polda Bangka Belitung (Babel). Regu Beranting Napak Tilas Sejarah Polri ini melakukan perjalanan secara estafet. Sebelum ke Polda Jambi, Regu Beranting ini telah melakukan perjalanan hingga ke Polda Kepulauan Riau (Kepri).

Menurut Kapolda Jambi, kegiatan napak tilas dimaksudkan untuk menanamkan semangat Tri Brata. \"Kegiatan napak tilas sejarah perjuangan bhayangkara Polri dari Sabang sampai Merauke sesungguhnya merupakan kegiatan untuk menanamkan dan menumbuh kembangkan semangat tri brata dan catur prasetya dalam sanubari insan bhayangkara Polri,\" kata Kapolda.

Dilanjutkan Kapolda, polisi merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang terlibat langsung melawan penjajah. Berselang hanya empat hari setelah kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya tanggal 21 Agustus 1945 barisan polisi istimewa memproklamirkan diri sebagai pasukan Polisi Republik Indonesia yang dipimpin oleh Inspektur Polisi Tingkat I Mochammad Jasin di Surabaya. Polri juga dilibatkan dalam berbagai operasi untuk menanggulangi pemberontakan DI/TII, PRRI, PKI, RMS, GPK, serta berbagai penumpasan kejahatan lainnya. “Kita ingin perjuangan itu bisa dirasakan oleh para anggota,”ungkapnya.

(feb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: