Enam Nyawa Melayang di Tol

Enam Nyawa Melayang di Tol

Anak Ahmad Dhani, Dul Tabrakan

JAKARTA - Kecelakaan maut terjadi di ruas tol Jagorawi kilometer 8.200 kemarin dini hari (8/9). Tiga mobil terlibat dalam peristiwa yang menewaskan enam orang itu. Ironisnya, mobil yang menjadi penyebab awal kecelakaan tersebut dikendarai oleh bocah berusia 13 tahun. Dia tidak lain adalah Ahmad Abdul Qadir Jaelani alias Dul, putra bungsu musisi Ahmad Dhani.

                Hingga saat ini, belum bisa dipastikan penyebab kecelakaan tersebut. Sebab, Dul yang menjadi pelaku utama kecelakaan tersebut masih menjalani operasi di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan. Dia mengalami patah tulang dan sejumlah luka lainnya. Bahu kanan Dul diketahui sobek dan ditutup menggunakan kulit yang diambil dari bagian paha.

                Kecelakaan tersebut sontak membuat heboh. Di dunia maya ramai komentar yang keluar terkait kecelakaan tersebut. Rata-rata, membahas soal usia Dul yang masih 13 tahun, dibiarkan menyetir mobil sendiri. Sudah barang tentu, Dul tidak mengantongi surat izin mengemudi karena masih di bawah usia 17 tahun.

                Salah satu teman Dul yang bersekolah di SMA Bakti Mulia, Fuad, 16, mengatakan jika  Dul memang sering membawa mobil kecuali saat sekolah. Menurutnya, sudah sejak 2 tahun lalu (usia 11 tahun) Dul sering menyetir mobil sendiri dan sudah lancar.

       Remaja 16 tahun itu mengatakan, saat kecelakaan terjadi Dul sedang dalam perjalanan pulang usai mengantar kekasihnya, Arin ke rumahnya di Bogor. \"Dia nggak pernah ugal-ugalan. Kalau sama saya bawa mobil normal aja. Jamnya juga kali dia ngantuk, nggak tau juga,\" tutur Fuad saat ditanya wartawan kemarin.

                Keterangan berbeda disampaikan pihak keluarga Dul. Paman Dul, Jerry, saat menemui wartawan kemarin mengatakan jika Dhani tidak pernah mengijinkan Dul membawa mobil. Sebelum kejadian, bahkan keluarga sudah menghubungi posel Dul, tapi tidak bisa tersambung.

       Padahal Dhani ingin mengajak anaknya itu ke pernikahan Judika dan Duma Riris di kawasan Keong Mas, TMII. \"Mobil itu pasti milik Ahmad Dhani. Dul sudah dia ajak untuk pernikahan Judika pada jam 5 sore. Sudah dikontak (ditelepon) tetapi tidak bisa masuk,\" tutur Jerry.

                Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto dalam keterangan persnya kemarin mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 01.45. Awalnya, mobil Mitsubishi Lancer nopol B 80 SAL yang dikendarai Dul melaju dari arah selatan (Bogor) ke Utara (Jakarta). Meski mengaku belum mengetahui kecepatan mobil tersebut, Rikwanto tidak menampik jika kemungkinan besar laju mobil kencang karena berada di lajur untuk mendahului.

                \"Karena (pengemudi) tidak konsentrasi, mobil menabrak pagar pemisah sehingga masuk jalur berlawanan,\" terangnya kemarin. Saat bersamaan dengan terbangnya mobil Dul ke jalur Jakarta-Bogor, dari arah berlawanan muncul Mobil Daihatsu Gran Max nopol B 1349 TEN yang juga dalam kondisi melaju kencang.

                Tabrakan frontal pun tidak terhindarkan. Saking kerasnya tabrakan, mobil Gran Max tersebut terdorong ke belakang hingga menghantam Toyota Avanza B 1882 UZJ. Enam orang penumpang Gran Max tewas. Empat di antaranya meninggal di lokasi kejadian, dan dua lainnya meninggal sesaat setelah mendapat perawatan di RS terdekat.

                Selain menewaskan enam orang, kecelakaan tersebut membuat enam orang lainnya termasuk Dul terluka berat. Tiga orang lainnya mengalami luka ringan, termasuk Noval, teman Dul yang berada satu mobil saat kecelakaan tersebut terjadi. Ketiga mobil yang terlibat kecelakaan mengalami rusak parah. Selain itu, pagar pembatas tol juga rusak akibat terjangan mobil yang dikendarai Dul.

                Salah seorang perwira di lingkungan Korlantas Mabes Polri mengungkapkan, sampel urine dan darah milik Dul dan Noval sudah diambil. \"Penyebabnya belum bisa dipastikan. Melihat jam kecelakaan, tidak menutup kemungkinan mengantuk, tapi tidak bisa digeneralisir dengan merujuk kasus-kasus sebelumnya,\" ujar dia.

                Pihak Polda Metro Jaya belum memberikan komentar terkait jerat hukum yang bakal dikenakan terhadap Dul. Sebab, sampai saat ini dia belum diperiksa polisi karena masih menjalani operasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: