Pentingnya Siskamling Demi Keamanan Lingkungan

Pentingnya Siskamling Demi Keamanan Lingkungan

Oleh : Gadug Kurniawan

BEBERAPA hari lalu saya bertemu tokoh pemuda Kelurahan Kenali Besar. Saat itu terjadi diskusi tentang keamanan lingkungannya. Ketika saya tanyakan bagaimana keamanan daerah tempat tinggalmu? Pemuda tersebut bercerita dulunya sangat rawan, sering kebongkaran rumah. Ada yang hilang HP, hilang laptop bahkan ada yang kehilangan tabung gas dan hilang TV. Lalu saya tanya, sekarang bagaimana? Dia melanjutkan ceritanya, sekarang sudah aman. Segera saya potong, mengapa sekarang bisa aman? Sudah tertangkapkah pelaku pencuriannya? Dia menjawab belum, pelakunya sampai saat ini belum tertangkap. Dia bercerita bahwa sekarang, sudah ada sistem Siskamling alias jaga malam. Sejak ada poskamling, ceritanya,  sudah tak pernah terjadi lagi pencurian.

Menyimak diskusi singkat itu, selaku penegak hukum, saya sangat apresiasi terhadap langkah warga melakukan kegiatan keamanan swakarsa itu. Hal itu menjadi tanda masyarakat telah sadar bahwa siskamling merupakan suatu kebutuhan untuk menciptakan keamanan lingkungan.

Mari kita ubah mind set kita bersama, jangan marak/aktif Siskamling ketika akan ada lomba siskamling, tetapi kita aktifkan siskamling karena itu untuk kebutuhan kita akan keamanan. Menjaga keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga Negara yang baik. Salah satu bagian terpenting dalam pemeliharaan lingkungan adalah peran serta masyarakat.

Dalam hal ini bentuk partisipasinya dalam pemeliharaan keamana lingkungan diwujudkan dalam bentuk siskamling.  keberadaan siskamling dikenal efektif dalam hal mengantisipasi kejahatan, lantaran karena masyarakat sudah tahu dan mengenal orang-orang di sekitar lingkungan, termasuk lokasi-lokasi rawan yang mungkin menjadi sasaran tindak kejahatan. Ada beberapa manfaat yang dapat diambil hikmahnya bila melaksanakan siskamling. Diantaranya adalah keamanan lingkungan akan terjaga, jalinan silahturahmi antar warga akan menjadi baik dan mempererat kekompakan warga.

(Penulis Kapolsek Kotabaru Polresta Jambi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: