Gendhing Kodok Ngorek Sambut SBY

Gendhing Kodok Ngorek Sambut SBY

JOGJA - Acara Panggih atau bertemu kedua mempelai dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono besama Ny Herawati Boediono, beserta beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Satu persatu para kabinet memasuki Tratag Bangsal Kencana. Tampak hadir Menpora Roy Suryo, Menteri PU Djoko Kirmanto, Menko Perekenomian Hatta Rajasa, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, dan lain-lain. Tak ketinggalan, figur yang akhir-akhir ini menjadi idola rakyat, Jokowi dan Ganjar Pranowo pun ikut hadir.

Kedatangan SBY dan Ibu Ani ini disambut Gendhing Kodok Ngorek. Gendhing ini hanya dibunyikan waktu tertentu saja seperti pernikahan atau penyambutan tamu kenegaraan. Sedikitnya tujuh buah gamelan yang ada di sekitar keraton dibunyikan bersamaan.

Gamelan itu diantaranya bernama, Gamelan Kanjeng Kyai Kebo Ganggang di Bangsal Ponconiti, Gamelan Kanjeng Kyai Guntur Laut di Bangsal Srimanganti, Gamelan Kanjeng Kyai Sirap Madu dan Kanjeng Kyai Madu Kinthir di Ksatriyan dan Kanjeng Kyai Guntur Sari Magangan.

Sebelum SBY masuk bersama Ibu Ani, terlebih dulu mengisi buku tamu, terlebih dulu dilakukan SBY lalu dilanjut Ibu Ani. Setelah itu di dekat emper Bangsal Kencana SBY dan Ani Yudhoyono disambut Sultan dan GKR Hemas.

SBY dan Boediono kemudian duduk Bangsal Kencana tempat prosesi panggih akan berlangsung.

\"Sekitar 160-an tamu undangan VVIP,\" kata Ketua salah satu penanggungjawab panitia pernikahan, KRT Yudhohadiningrat di Bangsal Kencana Kraton Jogjakarta.

Prosesi panggih atau pertemuan dua mempelai digelar sekitar pukul 10.00 dan disaksikan tamu-tamu penting tersebut. Saat ini, dua mempelai sudah berada di kursi pelaminan dan menerima ucapan selamat. Iringan gamelan terus dibunyikan.

(fid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: