Jalanbar Sumatera Tahun Depan Dibangun

Jalanbar Sumatera Tahun Depan Dibangun

JAKARTA – Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyatakan bahwa tahun depan akan meningkatkan kualitas Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera, usai mengerjakan Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera yang memasuki tahap penyelesaian pada tahun depan.

”Tahun depan pemerintah memiliki prioritas mengerjakan Jalinbar Sumatera setelah Jalintim Sumatera sudah bagus dan mantap,” kata Kepala Pusat Komunikasi Kementerian PU Danis H. Sumadilaga kepada Jawa Pos kemarin (17/11).

Danis menjelaskan bahwa Dirjen Bina Marga akan meningkatkan struktur jalan di Jalinbar Sumatera yang memiliki panjang total sekitar 2.500 kilometer. Danis melanjutkan bahwa program peningkatan jalan tersebut akan dilakukan mulai dari Provinsi Lampung, Bengkulu, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. “Wilayah Sumatera Barat yang paling banyak pengerjaannya,” ujar Danis.

Selain itu, dia mengatakan bahwa kondisi Jalinbar Sumatera akan ditingkatkan struktur dan kapasitasnya jalannya, yang semula memiliki lebar 4,5 meter diperlebar menjadi 7 meter. Namun, di sisi lain, Danis juga menerangkan bahwa peningkatan Jalinbar Sumatera yang melintasi Bukit Barisan tersebut, secara geometri memiliki jalur yang terjal dan rawan longsor. “Hal ini menyebabkan seringnya terjadi kerusakan dan biaya perawatan jalan menjadi lebih tinggi,” ucap dia.

Meski pengerjaannya baru dimulai tahun depan, Danis mengatakan bahwa beberapa ruas Jalinbar di wilayah di Sumatera sudah mulai dikerjakan. “Jalinbar di Provinsi Sumatera Utara masih terdapat jalan kerikil sejauh kurang lebih 100 kilometer. Namun sejak tahun 2013, pekerjaan peningkatan struktur jalan di wilayah itu sudah mulai,” ujar Danis.

Bahkan saat ini untuk wilayah Provinsi Aceh, Jalinbar sudah selesai dan tersambung dengan tingkat kemantapan di atas 90 persen. Jalan yang telah tersambubg tersebut mulai dari Banda Aceh–Calang–Meulaboh yang berasal dari bantuan bencana tsunami.

“Untuk ruas Calang–Meulaboh saat ini sudah bagus. Kemudian, Jalan Meulaboh–Tapaktuan yang pengerjaannya berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) murni, juga sudah bagus,” terangnya.

Sebelumnya, Kementerian PU saat ini sedang mengerjakan peningkatan kualitas dan kapasitas di ruas Jalintim Sumatera yang direncanakan selesai tahun depan, dan segera disusul dengan pengerjaan Jalinbar. Selain itu, kedua ruas jalan tersebut juga akan dipersiapkan sebagai bagian dari rute Great Asean Highway yang akan menghubungkan Indonesia dengan negara-negara di Asia dan Eropa.

(dod)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: