>

33 Persen Belum Terlayani

33 Persen Belum Terlayani

Pelanggan PDAM Baru 61 Ribu
JAMBI-Pelanggan Air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mayang Kota Jambi saat ini sudah mencapai 61 ribu pelanggan. Hal ini disampaikan Direktur utama PDAM Tirta Mayang H. M. Pirdaus, kepada koran ini beberapa waktu lalu.

‘‘Sekarang 61 ribu pelanggan, baru 67 persen yang terlayani, berarti ada sekitar 33 persen yang belum terlayani,’‘ kata Pirdaus.

Lebih lanjut, untuk melayani seluruh rumah tangga di Kota Jambi, Ia menerangkan perlu waktu 2 atau 3 tahun kedepan dengan peningkatan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di Kota Jambi.

‘‘Kita upayakan dalam 2 atau 3 tahun kedepan bisa melayani seluruh rumah tangga di Kota Jambi,’‘ tambahnya.

Namun untuk tahun depan, Ia menyebutkan, PDAM Tirta Mayang Kota Jambi, pada awal tahun mendatang menargetkan penambahan pelanggan sekitar enam ribu.

Dikatakannya, penambahan itu seiring dengan dibangunnya Instalasi Pengolahan Air (IPA) Aurduri dengan kapasitas 100 liter per detik. Ia menjelaskan, pemanfaatan IPA Aurduri tersebut nantinya akan membantu meningkatkan pelayanan terhadap masayarakat yang tinggal di kawasan Pematang Sulur dan Telanaipura, termasuk Buluran. Demikian juga sebagian warga di Kawasan Mayang, Bagan Pete dan sekitarnya.

Makanya, saat ini PDAM dibantu pemerintah pusat dan pemerintah provoinsi sedang melakukan pembangunan jaringan pipa.  ‘‘Rencananya memang diperkirakan akan tambah 6 ribu pelanggan. Termasuk untuk normalisasi dan peningkatan pelayanan,’‘ paparnya.

Anggaran yang diserap, terus dia, sekitar Rp 16 miliar. Dari APBN sekitar 6 miliar, kemudian APBD Provinsi Jambi sekitar Rp 10 miliar.  Sedangkan PDAM sendiri juga nantinya akan melakukan pemasangan pipa sambungan yang ke rumah-rumah calon pelanggan.

‘‘Jadi PDAM yang akan bangun jaringan ke rumah pelanggan,’‘ tandasnya.

(jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: