Nikahi Vita KDI, Bupati Dilaporkan

Nikahi Vita KDI,  Bupati Dilaporkan

JAKARTA – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, Supian Hadi diadukan istrinya, Iswanti, ke Mendagri Gamawan Fauzi karena telah menikahi pedangdut Vita KDI. Dalam laporan tersebut, Iswanti meminta ke Mendagri agar suaminya dijatuhi sanksi berupa pemecatan.

Kuasa hukum Iswanti, A. Ruzeli, mengatakan bahwa sebelumnya kliennya mengadukan pernikahan suaminya itu ke DPRD Kotim dan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang. ’’Ya benar, sudah kami adukan ke Mendagri pada pertengahan Oktober lalu,” kata Ruzeli kemarin (18/11).

Namun, di antara tiga laporan tersebut, hanya gubernur Kalteng yang memberikan jawaban. DPRD Kotim dan Mendagri belum menanggapi. ’’Gubernur Kalteng sudah membentuk tim investigasi untuk menyelidiki kebenaran skandal tersebut. Tapi, hasilnya belum kami terima,” ucap dia.

Menurut Ruzeli, dengan belum adanya tanggapan Mendagri dan DPRD tersebut, tuntutan pemecatan Supian sebagai bupati akan terhambat. Dia menerangkan, proses pemecatan Supian sebagai bupati harus melewati DPRD dan atas rekomendasi dari Mendagri. ’’Tapi, keputusannya terserah kepada Mendagri sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” ujar dia.

Ruzeli juga membeberkan, pernikahan Supian dengan Vita KDI pada 2012 dilakukan tanpa sepengetahuan istri pertama yang telah memberinya dua anak. Namun, kepada Vita, Supian mengaku telah mendapat izin dari Iswanti untuk menikahi biduan asal Nganjuk tersebut. ’’Kami juga nyatakan dalam laporan tersebut bahwa Iswanti tidak pernah merestui pernikahan mereka,” ujar Ruzeli.

Menurut dia, kliennya enggan membawa kasus tersebut ke pihak kepolisian. ’’Kami tidak mau lebih dalam membawa kasus ini ke pidana. Makanya, kami minta Mendagri untuk memutus kasus ini dengan kewenangannya,” tuturnya.

Ruzeli mengungkapkan, Iswanti yang masih berstatus istri sah Supian telah berusaha menyelesaikan masalah tersebut melalui jalan kekeluargaan, yaitu meminta Supian untuk menceraikan Vita. Namun, permintaan istrinya itu ditolak Supian. ’’Akhirnya, Iswanti mengadu ke DPRD, gubernur, dan Mendagri,” jelasnya.

Kini, lanjut Ruzeli, Iswanti memutuskan untuk tidak tinggal dengan suaminya, Supian. ’’Tapi, Supian juga tidak menjemput Iswanti untuk pulang ke rumahnya dan tidak segera menceraikan Vita,” ungkapnya.

(dod/c7/agm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: