Sengman Mangkir, KPK Cecar Suswono

Sengman Mangkir, KPK Cecar Suswono

JAKARTA -  Harapan masyarakat untuk tahu sosok Sengman Tjahja yang disebut-sebut sebagai utusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kasus suap pengaturan kuota impor daging sapi pupus. Sebab, dia tidak memenuhi panggilan penyidik KPK di kasus yang menyeret mantan Ketua PKS Luthfi Hasan Ishaaq itu.

                Sejatinya, Sengman, pengacara Ahmad Rozi dan Menteri Pertanian Suswono akan diperiksa untuk tersangka Maria Elizabeth Liman yang menjabat sebagai Direktur PT Indoguna Utama. Namun, hingga matahari berada di ufuk barat Sengman tidak kunjung menampakkan diri. Mentan Suswono dan Rozi yang memenuhi panggilan penyidik.

      \"Sengman diperiksa sebagai saksi untuk MEL (Maria Elizabeth Liman),\" ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha. Tidak jelas kenapa dia memilih untuk mangkir dari panggilan. Yang pasti, Mentan Suswono mengaku sempat dicerca penyidik soal sosok Sengman dam Bunda Putri tersebut.

      Suswono yang dimintai keterangan selama kurang lebih empat jam itu mengatakan tidak ada yang baru dari pemeriksaannya. Pertanyaan mengulang karena Suswono mengaku diperiksa oleh penyidik yang berbeda. Intinya juga sama, masih seputar pertemuan di Medan yang mempertemukan Luthfi Hasan dan Maria Elizabeth.

      \"Soal itu (Sengman dam Bunda Putri) tidak banyak disinggung. Ya, pokoknya nggak ada yang baru,\" kata anggota Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera itu. Dalam kesempatan itu dia juga kembali menegaskan bahwa kasus pengaturan kuota impor daging sapi itu sudah jelas di pengadilan. Bahwa kasus tersebut merupakan permainan para calo yakni Ahmad Fathanah.

      Seperti diberitakan, nama Sengman ramai dibicarakan sejak disebut dalam sidang. Saat itu, Ridwan Hakim, putra Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin bersaksi untuk terdakwa Ahmad Fathanah. Fakta persidangan menunjukkan Fathanah memberitahu bawah Rp 40 miliar sudah beres dikirim melalui Sengman dan Hendra.

      Hakim penasaran dan bertanya siapa Sengman itu. Ridwan langsung menjawab kalau sepengetahuannya dia adalah utusan Presiden SBY.

(dim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: