Jambi Finalis Lomba Cipta Lagu Pop Daerah

Jambi Finalis Lomba Cipta Lagu Pop Daerah

JAMBI -  Akhir-akhir ini, Provinsi Jambi semakin sering meraih prestasi di tingkat nasional. Setelah mendapat juara satu nasional dalam pelaporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), peringkat keempat tata kelola pemerintahan dari versi Indonesia Government Index (IGI), kali ini Provinsi Jambi kembali meraih prestasi gemilang di tingkat nasional, yakni masuk finalis (10 besar) Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara (LCLPDN) 2013, dengan lagu yang berjudul “Sepenggal Cerito” karya Yanuar Ershad.

Meskipun prestasi ini bukan dalam bidang tata kelola pemerintahan, namun bagaimanapun juga, masuknya Jambi dalam finalis LCLPDN 2013 layak diapresiasi dan dibanggakan, karena turut mengharumkan nama Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Belum lagi, pencipta lagu pop daerah Jambi tersebut adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang bekerja di Biro Pengelolaan Aset dan Kekayaan Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, Yanuar Ershad. Artinya, aparatur pemerintahan juga mempunyai kepedulian dan kecintaah terhadap kelestarian lagu daerah, sebagai bagaian dari budaya bangsa. Walapun tergolong masih muda, Yanuar Ershad berusaha melestarikan dan mengembangkan lagu daerah Provinsi Jambi.

LCLPDN adalah kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia dalam rangka menggugah kembali kecintaan masyarakat terhadap lagu-lagu daerah sekaligus menggali potensi kreatif musisi-musisi daerah. Kementerian Parekraf menyelenggarakan LCLPDN yang diadakan kedua kalinya di Jakarta (pertama tahun 2012), yang grand finalnya direncanakan diselenggarakan pada 26 November 2013, bertempat di Studio MetroTV yang diprakarsai oleh Ikatan Alumni SMAN VI Yogyakarta. Tema LCLPDN 2013 adalah \"Kebhinnekaan Budaya Nusantara sebagai Aset Membangun Bangsa.\"

Dewan Juri LCLPDN terdiri dari tokoh musisi (komposer, pengarang lagu, penyanyi profesional ), Parekraf, pakar olah vokal, pemerhati musik tradisional, produser rekaman musik studio, music director antara lain Dwiki Dharmawan, Trie Utami, Bens Leo, Remi Sylado dan Rahayu Nagaswara. Dewan juri akan menetapkan pemenang pada Gelar Babak Final. Kriteria penjurian Juara Pencipta Lagu Pop Daerah adalah melodi lagu, harmoni, lirik, komposisi, tema lagu mengangkat destinasi pariwisata, otentik dan kearifan lokal masing-masing daerah.

Dalam LCLPDN 2013, dewan juri berhasil menjaring 108 lagu daerah yang berasal dari 28 provinsi di Tanah Air (masa pendaftaran lomba 5 Oktober – 5 November 2013). Dari lagu-lagu tersebut, juri akhirnya mengerucutkan pilihan menjadi 10 lagu terbaik. Sementara grand final dijadwalkan akan berlangsung pada 26 November 2013 mendatang.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (15/11/2013) menyatakan, LCLPDN ini diselenggarakan supaya masyarakat dan kalangan remaja bisa mencintai dan bangga terhadap lagu-lagu daerah.

(adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: