>

Ratusan Penumpang Terlantar

Ratusan Penumpang Terlantar

Penerbangan Jambi, Medan Tertahan 2,5 Jam.

JAMBI- Ratusan penumpang Loin Air tujuan Jakarta-Jambi dan Medan terlantar hingga dua jam dari jadwal pemberangkatan. Dengan adanya penundaan ini para penumpang Jambi dan Medan mulai terlihat gelisah dan nyaris ricuh. Karena, hingga melampaui waktu keberangkat, tidak ada pemberitahuan dari pihak Loin Air.

Sebelumnya penumpang sudah disuruh menunggu di ruang pemberangkatan di B4 yang tidak ada satu orang pun petugas armada udara Lion Air yang terlihat di tempatnya.

Bintoro Penumpang asal Jambi mengatakan Ia sudah tiba di bandara sejak pukul 17.00 WIB dan sudah melakukan boarding pas, namun setelah jam yang ditentukan pesawatnya belum juga berangkat.

\"Sampai sekarang jam 20.30 WIB belum juga berangkat padahal seharusnya pukul 18.55 WIB tadi,\" ujarnya kesal.

Sementara itu pihak Lion Air sendiri saat ditemui tidak ada ditempatnya, ditambahkan bintoro ia sempat bertanya kepada petugas yang berjaga malah maskapai Sriwijaya yang berada disamping petugas lion Air, malah mengaku tidak tahu.

\"Saya tidak tahu Pak!. Saya petugas Sriwijaya, bukan Loin. Kata petugas itu saat menjawab pertanyaan penumpang,\" ujarnya sambil menirukan petugas.

Kepada media, Dia mengaku kesal terhadap pelayanan Loin Air yang jadwalnya tidak tepat seperti yang tertera di tikcet peswat.

\"Bagaimana ini, kalau memang ada penundaan, harusnya ada pemberitahuan donk!\" Ini kan sama saja dengan menelantarkan penumpang!,\" katanya dengan nada sedikit emosi.

Bintoro pun sempat mempertanyakan soal kompensasi dari pihak Loin terhadap penumpang. Sebagaimana ketentuan yang tertulis dipapan white board,\" ungkap sembari menunjukan ke papan peraturan menteri perhubungan Nomor : PM 49 Tahun 2012 tentang standar pelayanan penumpangan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri.

Pria berkulit hitam ini pun sangat menyayangkan buruk pelayan pihak maskapai yang tidak menyediakan air mineral bagi penumpang yang menunggu lama.

\"Boleh saja menunggu, tapi sediakan juga pasilitas air minum bagi penumpang,\"tukasnya

Menanggapai masalah ini, Agus salah seorang staf Loin Air yang muncul sekitar sepuluh menit kemudian,menjelaskan, bahwa pihaknya masih menunggu pesawat dari Jambi yang belum datang.

\"Untuk pesawat tujuan jambi, kita minta maaf. Peswatnya belum datang. Jadi mohon di tunggu,\"ucapnya.

Ditanya soal aturan Kemendagri yang diberlakukan, Dikatakanya, bahwa pihaknya akan memberikan kompensasi berupa snack dan air minum untuk seluruh penumpang tujuan Jambi.

\"Kami sudah menyiapkan snack dan air minum untuk seluruh penumpang,\"tukasnya.

Mendapat penjelasan ini, emosi para penumpang terlihat mulai mereda. Kendati masih tersirat raut kekecewaan, namun akhirnya satu-persatu penumpang mulai meninggalkan meja petugas.

Hingga pukul 21.30 Lion Air baru memberitahukan kepada penumpang untuk terbang ke Jambi.

(Sun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: