Ajarkan Metode Baca Al-Quran Lebih Mudah

Ajarkan Metode Baca Al-Quran Lebih Mudah

JAMBI-Dalam rangka mengajarkan siswa agar cepat dan mudah dalam membaca Al-Quran, maka Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Kota Jambi bakal menerapkan metode yang memudahkan siswanya membaca Alquran.

Kepala MI Darussalam Kota Jambi, Zulkifli Nuh mengatakan bahwa metode yang akan diterapkan tersebut mengacu kepada metode Al-Fath yang ditemukan oleh Syaiful Haq dari Bandung.

\"Beberapa hari lalu Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidiaiyah (K3MI) melakukan pertemuan rutin bulanan. Pada pertemuan tersebut, kami mengundang salah satu pakar yang memiliki penemuan cara cepat dan mudah membaca Al-Quran,\" sebut Zulkifli, kemarin.

Dikatakannya, metode yang disampaikan dihadapan puluhan kepala sekolah dan guru tersebut, cukup inovatif jika diterapkan di madrasah. Diakui Zulkfli, pihaknya juga bakal menerapkan metode tersebut, khususnya untuk kelas IV. Karena, metode tersebut tepat diterapkan pada anak kelas IV SD/MI ke atas, hingga untuk umum.

Jika metode tersebut diterapkan di madrasah, siswa akan lebih mudah memahami cara membaca Al-Quran. Selain mudah, metode yang diterapkan tersebut dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Sehingga, siswa atau siapapun yang belajar akan merasa senang menerima materi.

\"Menyampaikan materi kepada siswa ini kan, harus bisa membuat mereka nyaman dan senang dalam menerima materi. Sehingga, anak akan lebih mudah menangkap materi yang disampaikan,” tambahnya.

 Untuk pengenalan huruf hijaiyah, kata Zulkifli, cara yang digunakan yakni dengan alat bantu peraga kartu. Dimana, kartu-kartu tersebut ditulis huruf-huruf hijaiyah, yang dikemas secara menarik. Saat ini, MI Darussalam telah mempersiapkan materi, yang nantinya bakal dicoba dalam proses belajar mengajar.

\"Saya berharap, melalui metode ini, nantinya siswa bisa menjadi generasi yang mampu menyerap dan menerapkan ilmu pengetahuan agama dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, kedepannya, MI Darussalam juga akan terus melakukan pembenahan dan inovasi dalam proses pembelajaran,\" harapnya.

(lia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: