Mana Suara Para Nasionalis ?

Mana Suara Para Nasionalis ?

Oleh Abd.Mukti,S.Ag

 

       DI TENGAH senyapnya perbincangan kedaulatan negeri ini,Rektor Universitas Gajah Mada ((UGM) Yogyakarta,Prof.Pratikno bersuara menyentak. Ia mengungkapkan, 70-80 persen aset negara Indonesia telah dikuasai asing. Anehnya, para nasionalis yang biasa berkoar soal nasionalisme, sepertinya buta terhadap ‘musibah’ ini.

      \"Kondisi bangsa kita saat ini sudah mengkhawatirkan sehingga tanpa dukungan dan kebijakan oleh semua elemen bangsa maka lambat laun seluruh aset akan jatuh ke tangan orang asing,\" katanya saat membawakan arahan pada Seminar Nasional yang diselenggarakan Keluarga Alumni UGM (KAGAMA) menyambut pra Munas XII 2014 di Kendari, Sabtu (9/11).

      Ia mencontohkan, aset di bidang perbankan misalnya, bangsa asing telah menguasai lebih dari 50 persen.Begitu pula di sektor lain seperti migas dan batu bara antara 70-75 persen, telekomunikasi antara 70 persen dan lebih parah lagi adalah pertambambangan hasil emas dan tembaga yang dikuasi mencapai 80-85 persen.Freeport yang sudah ditambang lebih dari 40 tahun sudah menghasilkan ribuan ton emas dan tembaga juga dikuasai asing. Sebagian sumur-sumur migas dudah ditambang dan kini sudah tua. Hasilnya pun tinggal sisa-sisa.

\"Kecuali sektor perkebunan dan pertanian dalam arti luas, asing baru menguasai 40 persen. Namun demikian kita harus waspada agar tidak semua aset negara itu harus dikuasi asing,\" katanya yang dikutip ANTARA News, Minggu (10/11).

      Oleh karena itu, kata Rektor UGM itu, untuk mempertahankan aset-aset yang belum dikuasai asing tersebut, perlu kebijakan dan terobosan yang lebih hati-hati dalam melahirkan keputusan sehingga aset yang belum dikuasi itu tetap milik bangsa Indonesia.

      Ia mengatakan, memang sebuah ironi apabila rakyat Indoneia masih belum merasakan wujud kemakmuran merata dan berkeadilan.Di usia kemerdekaan 68 tahun, meskipun kaya raya dengan sumber daya alam namun hingga kini masih banyak didaulat oleh perusahaan negara asing.

      Pernyataan profesor ini kembali menggugah kembali perbincangan tentang kedaulatan negeri ini atas kekayaan yang diberikan oleh Allah SWT. Kali ini kalangan akademika yang berbicara. Selama ini mereka seolah mengikut saja apa kata penguasa tanpa mau berani mengeluarkan pernyataan kritis.

      Meski pernyataan Rektor tersebut bukan hal baru, keberaniannya untuk mengungkap fakta berbeda dengan mainstream menjadi penuh makna. Bukankah selama ini banyak pakar universitas yang begitu memuja investasi asing ? Bahkan pilar neoliberalisme di Indonesia diduduki oleh kalangan akademika khususnya yang tergabung dalam Mafia Berkeley.

Berpangkal kepada Sistem

       Lalu muncul pertanyaan, mengapa Indonesia yang sudah lama merdeka ini tetap dikuasai asing ? Ada yang menyalahkan sisi pemimpinnya. Mereka dianggap mengeluarkan kebijakan demi kepentingan pribadinya. Atau yang paling mudah, mereka dianggap tidak amanah.

      Jarang yang mau berfikir lebih dalam sedikit. Ternyata, pemimpin itu tidak bisa apa-apa selama semua kebijakannya telah dipagari dengan rambu-rambu. Rambu-rambu itu merupakan produk legislasi oleh wakil-wakil rakyat.

      Nah, manusia-manusia yang menjadi wakil rakyat sekaligus orang-orang partai politik inilah yang menentukan sistem yang berjalan. Apalagi, jika ditengok ke belakang, ternyata Indonesia itu tidaklah merdeka tapi melanjutkan pemerintahan Hindia Belanda. Ini bisa dibuktikan dengan berlakunya hukum Belanda atas Indonesia dalam bentuk KUHP dan juga pemindahan utang pemerintah Belanda selama menjajah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: