Siap Ciptakan Tenaga Muda dan Terampil

Siap Ciptakan Tenaga Muda dan Terampil

JAMBI-Sebagai salah satu lembaga pendidikan swasta di Kota Jambi, SMK Praskab terus berupaya menciptakan calon tenaga kerja terampil yang profesional dibidangnya. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya prestasi yang diperoleh sekolah ini sejak tahun 2006.

Menurut Kepala SMK Praskab Kota Jambi, Drs Ikhwan  bahwa sekolah yang dipimpinnya terus melakukan peningkatan mutu kualitas lulusannya agar bisa bersaing di era globalisasi dan dunia kerja.

“Ya, memang pada zaman sekarang ini sangat diperlukan tenaga menengah yang profesional dengan kemampuan teknologi dan informatika yang mampu bersaing dengan dunia luar. Disini siswa diberikan bekal untuk  dapat terjun langsung dalam dunia kerja masyarakat dengan materi 70 persen praktek dan 30 persen teori,” ujar Ikhwan, kemarin.

Diungkapkannya bahwa dalam pengembangannya SMK Praskab tetap mengacu pada kurikulum pemerintah. Sekolah ini membuka 3 konsentrasi jurusan, yaitu Teknik Kendaraan Ringan (Mobil), Teknik Sepeda Motor serta Teknik Komputer dan Jaringan.

Namun, menurut Ikhwan, untuk kedepan SMK Praskab berencana akan membuka jurusan baru yang dapat mengedepankan kebutuhan tenaga kerja mengingat luasnya lapangan kerja dibidang kejuruan. Sementara tenaga muda yang dipakai belum mencukupi.

Untuk tenaga pengajar SMK Praskab memiliki tenaga ahli dari berbagai  background dan skill yang telah memberikan kontribusi positif demi kemajuan SMK Praskab itu sendiri. Selain itu, peran aktif dari Komite Sekolah yang intens mencari dukungan kerja sama dengan beberapa perusahaan di Kota Jambi juga menjadi acuan utama dalam menggaet mitra kerja.

Berkat prestasi di tingkat Nasional berturut-turut sejak tahun 2010, salah satu perusahaan di Kota Jambi yakni PT Astra Honda Motor tertarik menjalin kerja sama dengan SMK Praskab. Dengan terjalinnya hubungan kerja sama ini, pihak sekolah berharap dapat memudahkan bagi setiap lulusan yang berprestasi untuk langsung diterima bekerja setelah tamat dari SMK Praskab nantinya.

“Iya, kerja sama ini dimaksudkan untuk membuka kesempatan bagi siswa berprestasi agar dapat langsung diterima kerja oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Jambi,” tutupnya.

(lia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: