Bangun Karakter dan Kemandirian Siswa

Bangun Karakter dan Kemandirian Siswa

JAMBI- Saat ini SMPN 10 Kota Jambi membebaskan siswanya untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini dilakukan sebagai cara yang tepat untuk membangun karakter dan kemandirian siswa.

Kepala SMPN 10 Kota Jambi, Warsito, MPd mengatakan bahwa pihaknya memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih mengembangkan bakat dan minatnya sebagai pilihan yang tepat.

Apalagi, kebebasan tersebut membuat sekolah ini mampu menjadi sekolah yang memiliki banyak prestasi dari siswanya. Tentunya mengharumkan nama sekolah dengan prestasi yang diraih.

\"Kegiatan ekstrakurikuler ini betujuan untuk mengembangka bakat siswa. Dan ini mampu memberikan penyegaran kepada siswa untuk menyalurkan bakat mereka, mulai dari olahraga dan seni,\" ungkap Warsito kemarin.

Dikatakannya bahwa kegiatan ekstrakurikuler ini, dilaksanakan setiap hari Sabtu. Dan siswa dengan rutin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini. Kegiatan ini dibina langsung guru-guru SMPN 10 Kota Jambi.

\"Keberhasil ini adalah kebanggaan tersendiri bagi kami para guru. Ternyata banyak siswa kita yang memiliki bakat dalam bidang apapun. Tentunya akan berimbas kepada harumnya nama baik sekolah. Apalagi banyak sekali ekstrakurikuler yang diikuti siswa, mulai Pramuka, PMR, Paskibraka, seni baca Al-Qur’an dan sebagainya,” bebernya.

Selain itu juga pada hari lainnya mulai hari Senin pada siang harinya pihaknya juga akan mengadakan kegiatan pengembangan diri seperti seni kaligrafi, matematika study club, sains study club, pidato bahasa, drumband, karya ilmiah remaja (KIR), rabbana, nasyid, dan musikalisasi.

“Kita juga memiliki berbagai alat musik tradisional untuk menunjang ekschool siswa seperti alat musik angklung, kalintang, kompangan, lira dan lainnya,” akunya.

Semua kegiatan ini diberikan sekolah dengan harapan SMPN 10 ini mempunyai kelebihan tidak hanya dibidang eskul saja. Melainkan juga memiliki kelebihan dibidang umum dan kegiatan pengembangan diri serta seluruh siswa dapat memiliki skill atau kemampuan dan paham dengan pengembangan apa yang dipilih.

“Kami juga berharap agar orangtua siswa selalu memberikan motivasi kepada anaknya untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di sekolah,” harapnya.

(lia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: