Gunung Sinabung Masih Mengamuk

Gunung Sinabung Masih Mengamuk

JAKARTA - Aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo masih belum bisa diprediksi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat di sekitar gunung untuk tetap mengungsi sampai gunung tersebut dinyatakan kembali tenang. Minimal, diturunkan statusnya dari Awas menjadi Siaga.

                Dalam konferensi persnya kemarin, Kepala PVMBG Hendrasto menyatakan potensi letusan Sinabung masih tetap ada. \"Gempa vulkaniknya masih terekam dengan intensitas dua hari belakangan ini meningkat,\" terangnya.

                Hendrasto tidak menampik beberapa hari belakangan mulai muncul pertanyaan dari para pengungsi terkait kapan mereka bisa kembali ke rumah. Rata-rata, mereka sudah bosan tinggal di pengungsian. Jumlah pengungsi Sinabung saat ini mencapai 17.281 jiwa. Sebagian sudah mengungsi sejak 3 November, saat Status Sinabung dinyatakan Siaga.

                Menanggapi pertanyaan warga tersebut, Hendrasto mengaku tidak bisa berbuat banyak. Sebab, bagaimanapun juga aktivitas vulkanik gunung memang tidak bisa diprediksi. Kalaupun bisa, waktunya sudah sangat mepet. Hingga saat ini, aktivitas tinggi gunung tersebut membuat PVMBG tidak mengubah statusnya sehingga tetap Awas.

                \"Ancaman sampai (radius) lima kilometer itu masih ada,\" lanjutnya. Untuk warga yang tinggal di sepanjang sungai yang berhulu ke Sinabung juga wajib waspada meski di luar radius lima kilometer. Ancaman lahar dingin masih membayangi karena erupsi terjadi pada awal musim hujan.

                Karena itu, para pengungsi diminta untuk tetap bersabar di pengungsian demi keselamatan mereka. Pihaknya akan selalu memberikan perkembangan terbaru gunung tersebut kepaqda pemda setempat beserta rekomendasinya. Begitu aktivitas menurun, akan segera dilaporkan.

(byu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: