Tanamkan Kejujuran Sejak Dini

Tanamkan Kejujuran Sejak Dini

JAMBI- Saat ini SDN 61 Kota Jambi terus berusaha untuk menanamkan kejujuran sejak dini kepada siswa. Hal tersebut dilakukan agar kelak saat anak-anak dewasa mereka bisa menghandle dirinya sendiri untuk tidak melakukan perbuatan nista yang mengkhianati kejujuran.

                Menurut Kepala SDN 61 Kota Jambi, Nafsayar bahwa dirinya menjabat sebagai kepala sekolah, ia baru dua tahun memimpin sekolah yang berada dikawasan Jambi Timur tersebut. Dirinya merasa perlu untuk menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai kejujuran sejak dini diantara anak didiknya.

                “Kita membiasakan anak jujur dengan pendekatan keagamaan. Hasilnya luar biasa. Kalau misalnya diantara mereka ada yang menemukan uang tercecer, insyaallah mereka akan memberitahukan pada guru dan mengumumkan siapa yang telah kehilangan uang tersebut. Tidak pernah mereka manfaatkan uang yang sudah mereka temukan tercecer itu,” jelas Nafsayar, kemarin.

                Diungkapkannya, setelah tidak ada yang mengakui kepemilikan uang itu, uang tersebut lantas dimasukkan dalam kotak wakaf yang telah disediakan. “Kita memang menyediakan kotak wakaf yang rutin diisi seikhlasnya setiap hari jumat,” ungkapnya.

Uang wakaf tersebut nantinya akan disumbangkan kepada anak yatim yang ada di sekolah tersebut dua kali dalam setahun. “Kita berikan tiap bulan Ramadan dan 10 Muharram. Ada 13 anak yatim disini yang berhak menerima uang wakaf dari teman-temannya tersebut,” sambungnya.

                Selain itu, di SDN 61 juga rutin digelar pembacaan yasin, doa dan materi-materi keislaman setiap pagi Jum’at. Khusus Senin hingga Kamis mereka mengadakan salat dzuhur berjamaah. Bagi Nafsayar, pendidikan akademik sangat penting, tetapi tidak akan berarti apa-apa tanpa sentuhan pendidikan agama yang seimbang.

(lia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: