Upayakan Wujudkan pendidikan berkualitas

Upayakan Wujudkan pendidikan berkualitas

SEBAGAI salah satu sekolah yang kini terus mengalami peningkatan jumlah peserta didik, SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi terus berupaya untuk bisa mewujudkan pendidikan berkualitas terhadap siswa. Salah satu yang dilakukan yakni dengan meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik.

“Guru ini kan memiliki pengaruh besar terhadap kualitas peserta didik. Karena, apa yang diajarkan guru di sekolah menjadi cerminan bagi siswa dalam belajar. Jika guru memiliki kualitas yang profesional dalam mengajar, Insyaallah siswa juga mendapatkan pendidikan yang maksimal,” ujar Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi, Syahmardan, kemarin.

Menurutnya, peningkatan mutu dan profesionalisme guru bisa tercapai dengan beberapa hal. Diantranya memberikan pembekalan materi ajar, memberikan motivasi kerja dan lain sebagainya.

Memberikan motivasi kerja kepada guru, dapat dilakukan dengan berbagai hal. “Di SMP Muhammadiyah 1, setiap guru yang datangnya tidak lebih dari pukul 06.45 WIB kami berikan uang intensif,” ujarnya.

 Dirinya yakin, jika SMP Muhammadiyah 1 mampu mensejajarkan dengan sekolah lainnya. Bahkan bisa lebih unggul, baik secara kualitas maupun kuantitas. Tentunya hal itu bisa diimbangi dengan sistem pembelajaran yang terencana secara baik.

Di SMP Muhammadiyah 1 sendiri, menurutnya sangat mengedepankan kedisiplinan. Misalnya, bagi siswa muslim diwajibkan untuk mengikuti salat dzuhur berjamaah. Sedangkan mengenai kepintaran dan prestasi siswa, menurut Syahmardan tergantung dari kesungguhan dan kedisplinan siswa.

“Kalau malas, jarang masuk sekolah dan tidak mau belajar, pastinya prestasinya juga tidak bagus,” bebernya.

Ditambahkannya, bagi siswa yang berasal dari keluarga yang benar-benar tidak mampu akan mendapatkan keringanan uang sekolah. Bahkan akan digratiskan dari pungutan apapun. Selain itu, meskipun SMP 1 Muhammadiyah merupakan sekolah Islam, namun SMP Muhammadiyah 1 tidak menolak siswa non muslim yang bersekolah di sekolah tersebut.

            Dirinya berharap, SMP Muhammadiyah 1 bisa menciptakan generasi yang beriman, berilmu, berkarya dan berprestasi serta mampu menjadi institusi pendidikan yang unggul. Dirinya berharap, tahun ini minat peserta didik semakin meningkat untuk menimba ilmu di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi.

(lia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: