SDN 140 Programkan Siswa Peduli Kebersihan

SDN 140 Programkan Siswa Peduli Kebersihan

JAMBI- Untuk menjaga kebersihan sekolah, maka SDN 140 yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari RT 30 Jambi Timur memprogramkan  dan menggalakkan anak untuk menjaga kebersihan sekolah.

Menurut Wakil Kepala SDN 140, Ermawati, SPd bahwa jika memperdayakan anak-anak untuk sama-sama menjaga kebersihan sekolah, maka kita telah melakukan pembiasaan dan menanamkan sikap cinta kebersihan.

            “Anak-anak kita latih untuk menjadi peka dan peduli dengan kebersihan lingkungan. Walaupun ini sedikit akan mengganggu konsentrasi anak. Namun ini merupakan kesempatan untuk mendidik dan membiasakan anak untuk peduli terhadap kebersihan,” ujar Ermawati, kemarin.

            Diungkapkan bahwa program yang kita galakkan kepada anak antara lain yakni anak diharuskan membuang sampah ketempat sampah, serta anak diharuskan menjaga kebersihan lingkungan sekolah serta kelas masing-masing.

“Dan kami pihak sekolah pun sudah menyediakan alat-alat yang terkait dengan kebersihan. Mulai dari sapu, tong sampah serta tempat cuci tangan. Sehingga kita juga bisa menerapkan pembiasaan kepada siswa untuk selalu cuci tangan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk menjaga kebersihan kantin, pihaknya ia juga menghimbau para penjual jajanan di luar sekolah yang merupakan masyarakat sekitar agar selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang mereka jual.

Bukan hanya itu, pihaknya juga meminta jajanan tersebut tidak dicampur dengan bahan kimia. Itu semua untuk menghindarkan siswa dari berbagai penyakit yang dapat bersumber dari jajanan itu.

“Di sekolah kami banyak penjual jajanan di luar sekolah. Apalagi setiap pulang sekolah, murid sering membeli jajanan tersebut. Itu membuat kami khawatir dengan kesehatan siswa. Oleh karena itu kami berusaha bekerja sama pada masyarakat sekitar yang berjualan disini untuk selalu menjaga kebersihan makanan yang mereka jual,” ujarnya.

(lia)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: