HUT TNI, Rakyat Bisa Makan Gratis

HUT TNI, Rakyat Bisa Makan Gratis

SURABAYA - Kesan angker yang melekat pada jajaran TNI-AD mendadak berubah. Lapangan Makodam V/Brawijaya selama jam kerja yang biasanya lengang mulai kemarin (13/12) dipenuhi perlengkapan tempur hingga helikopter perang. Masyarakat Kota Pahlawan, pejabat TNI serta keluarga anggota tentara terlihat membaur menjadi satu dalam pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI-AD.

  Pameran alutsista dan industri strategis berskala nasional di komplek Makodam V/Brawijaya dan Balai Prajurit dijadwalkan berlangsung lima hari. Pameran digelar dalam rangkaian memperingati Hari Juang Kartika setiap 15 Desember dan HUT Kodam V/Brawijaya yang biasa diperingati setiap 17 Desember.

  Acara dibuka KSAD Jendral TNI Budiman kemarin sore dan dihadiri mayoritas petinggi TNI-AD.  Seperti Pangkostrad Letjen TNI Gatot Nurmantyo, Wakasad Letjen TNI Munir, dan Danjen Kopassus Mayjen Agus Sutomo. Gubernur Jawa Timur Soekarwo mewakili unsur pemeritah juga terlihat. Tidak ketinggalan Panglima Kodam se-Indonesia dan sejumlah panglima komando utama wilayah Surabaya khususnya dari jajaran TNI-AL turut hadir.

  \"Pameran ini sebagai pertanggungjawaban TNI-AD kepada rakyat atas penggunaan uang rakyat terutama masyarakat di Jatim,\" seru Budiman didampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R. Ediwan Prabowo. Pameran skala nasional sebelumnya digeber di lapangan Monas Jakarta pada 5 Oktober lalu. Dalam memperingati HUT TNI ketika itu, pameran melibatkan tiga matra darat, laut, dan udara.

  Lulusan terbaik Akabri 1978 itu mengatakan, kegiatan dalam rangkaian mengenang perjuangan Jendral Soedirman memenangkan pertempuran Ambarawa 15 Desember 1945 pada 2013 di Surabaya sekaligus menjadi persiapan menyongsong even besar. \"Upacara HUT TNI 2014 tahun depan bakal dilangsungkan di Surabaya. Rangkaian Hari Juang Kartika ini sekaligus menjadi ajang pemanasan,\" ujar mantan Sekjen Kemenhan itu.

  Berbagai jenis persenjataan yang dipamerkan mencakup 80 persen yang dimiliki TNI-AD. Mulai dari helikopter serang MI-35 dan heli transport MI-17. Keduanya produksi Rusia. Kemudian, tiga jenis heli multiperan dari Amerika Serikat. Antara lain, Bolco 105, Bell-205, dan Bell-412. Puluhan tank, panser, dan meriam unsur tempur dan bantuan tempur dari berbagai kecabangan turut dipajang di Jalan R Wijaya dan Balai Prajurit.

  Melalui pameran itu, lanjut Budiman, diharapkan jajaran TNI menjadi lebih dekat dengan rakyat. Hal itu sebagaimana tema Bersama Rakyat TNI Kuat dalam HUT TNI 2013. Bahkan, Budiman sempat memerintahkan petugas pengamanan membiarkan belasan anak-anak kampung memanjat tank andalan TNI-AD Leopard dan tank Marder di depan matanya.

  Padahal, tentara berkorps zeni itu hendak mempresentasikan kepada Soekarwo. \"Biarkan mereka naik. Siapa tahu saat dewasa nanti menjadi tentara. Semakin TNI dikenal masyarakat, semakin berkualitas hasil rekrutmen. Tidak ada lagi anggota yang nakal,\" tegas Budiman.

  Soekarwo pun mengikuti acara peninjauan bersama Budiman hingga selesai. Dia mengapresiasi TNI-AD yang turut mendukung pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jatim 29 Agustus 2013. \"KPU Jatim dibantu pengiriman logistik pemilu sampai ke pulau terluar,\" ungkapnya. Komandan Pusat Penerbangan TNI-AD Brigjen M. Afifudin yang berdiri di sampingnya turut tersenyum. \"Kami terbang sliwar-sliwer sampai enam kali PP (pergi-pulang) Juanda-Kangean,\" kenangnya.

  Kehadiran Gatot sekaligus menjadi reuni sebagai mantan Pangdam V/Brawijaya. Dia turut mengajak masyarakat Jatim hadir dalam upacara Hari Juang Kartika besok pukul 08.00. Selain defile pasukan, ada parade kendaraan dan fly pass helikopter Penerbangan TNI-AD.

  Pengunjung akan dihibur aksi Drum Band Canka Lokananta Taruna Akademi Militer Magelang, bela diri militer, terjun payung oleh tim elit Kopassus dan Kostrad. \"Untuk para pengunjung kami siapkan 20 ribu paket makanan gratis sebagai pestanya rakyat,\" tukas Gatot.

(sep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: