SBY Tunjuk Pengacara

SBY Tunjuk Pengacara

JAKARTA - Sebagai kepala negara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku sudah biasa menerima kritikan bahkan cemoohan dari masyarakat. Namun, ada satu hal yang tidak bisa dia tolerir, yakni fitnah. Khususnya fitnah yang menyerang keluarganya.

Terkait makin gencarnya \"fitnah\" tersebut, SBY pun memutuskan menunjuk tim pengacara. Menurut Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, SBY menunjuk Palmer Situmorang sebagai pengacara pribadi dan keluarga. Palmer nantinya didamping dua orang advokat lainnya, yakni Hafzan Taher dan Bahtiar Sitanggang. Julian menuturkan, penunjukan tim pengacara tersebut adalah hal biasa bagi seorang kepala negara.

\"Itu kan hal yang biasa. Di negara lain pun Presiden menunjuk seorang lawyer untuk sebagai pengacara keluarga. Jadi di sini gak ada yang unussual. Itu lazim,\"jelas Julian di Kompleks Istana Kepresidenan, kemarin (19/12).

Ketika disinggung apakah penunjukan pengacara tersebut berkaitan dengan penyebutan nama anggota keluarga Istana dalam sejumlah kasus hukum, Julian membantah. Dia menekankan bahwa penunjukan tim pengacara tersebut dilakukan karena banyak isu yang akhirnya berkembang menjadi fitnah.

\"Justru ini (penunjukan tim pengacara) agar tak ada kemudian berkembang fitnah yang sifatnya tak berdasarkan fakta dan kebenaran. Karena banyak yang sekarang terjadi berdasarkan gosip, tidak bisa dipertanggung jawabkan,\"tegas Julian.

Sementara itu, Menkopolhukam Djoko Suyanto menyatakan bahwa Presiden tidak pernah membentuk Tim Advokasi Presiden. Dia menegaskan \"Presiden sebagai Kepala Negara/Kepala Pemerintahan tidak pernah menginstruksikan dibentuknya tim advokasi. Tim advokasi atau pengacara SBY adalah tim pengacara keluarga. \"\"Tidak ada Tim Advokasi Presiden, yang ada adalah Tim Advokasi Keluarga SBY. Harus pisahkan antara ranah pribadi dan pemerintahan. Kalau aspek keluarga, ya harus keluarga yang tangani,\" kata Djoko di Kompleks Istana Kepresidenan, kemarin.

Seperti diberitakan, Presiden SBY dan keluarga, pada 9 Desember 2013 menunjuk Pengacara Palmer Situmorang sebagai pengacara pribadi. SBY menunjuk tim pengacara, karena merasa terganggu atas pemberitaan dan fitnah yang dilancarkan di media massa. \"

(Ken)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: