Cegah Kejahatan, Polisi Tingkatkan Patroli

Cegah Kejahatan, Polisi Tingkatkan Patroli

JAMBI – Terkait banyaknya kasus kejahatan beberapa bulan terakhir di Provinsi Jambi, pihak Kepolisian akan meningkatkan patroli di wilayah rawan.

Diungkapkan Kapolda Jambi, Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya, pihaknya telah mengintruksikan kepada jajaran Polda Jambi untuk meningkatkan pelaksanaan patroli.

“Kita akan meningkatkan antisipasi terhadap kejahatan, salah satunya meningkatkan patroli aparat,”ungkap Kapolda kepada wartawan usai menghadiri upacara peringatan hari Infantri di Korem Garuda Putih Jambi, kemarin.

Dijelaskan Kapolda, pihaknya juga sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama pihak bank, terkait pengamanan.

“Jika ada pihak yang membawa uang, masyarakat atau pihak bank, silahkan meminta pengawalan dari aparat,”ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Rabu (18/12) sekitar pukul 12.30 WIB kemarin, kantor Teras BRI Pasar Villa Kenali menjadi sasaran perampokan. Dalam kejadian tersebut, pelaku yang disebutkan menggunakan senjata api berhasil membawa kabur uang tunai Rp 95 juta.

\"Kapolda sudah instruksikan ke jajaran, tingkatkan patroli. Sasaran khususnya aksi curas (pencurian dengan kekerasan),\" tambah Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah, Kamis (19/12).

Selain itu, kata Almansyah, meningkatkan patroli juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga, jelang perayaan Natal dan tahun baru. \"Sasarannya seperti tempat-tempat keramaian dan lain sebagainya,\" tandasnya.

Sementara itu, terkait perampokan yang terjadi di Kantor Kas Teras BRI pasar Villa Kenali, Kecamatan Kotabaru Rabu (18/12) pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan

Kasat Reskrim Polresta Jambi, Kompol Sunhot P Silalahi saat dikonfirmasi kemarin (19/12) mengatakan karena tidak dilengkapi dengan CCTV. Sehingga, pihaknya belum bisa memastikan apakah pelaku merupakan pemain lama ataukah pemain baru.

\"Kita belum bisa memastikan siapa pelakunya. Karena, masih kita selidiki. Dan, dari keterangan korban pelaku hanya satu orang menggunakan senpi,\" kata Sunhot.

Untuk diketahui, Seorang perampok berhasil menggondol uang tunai senilai 95 juta dari laci Unit Bank BRI Teras, yang beralamat dijalan Ismail Malik, Vila Kenali Mayang Mangurai, Kecamatan Kotabaru Jambi kemarin (18/12) sekitar pukul 12.00 wib.

Perampok tersebut beraksi dengan bersenjata api lengkap dengan senjata tajam dan menyekap dua karyawan Bank tersebut terlebih dahulu, pada saat karyawan lain sedang istirahat keluar.

Sebanyak 5 pos pengamanan dan 3 pos pelayanan akan didirikan dalam Opresi Lilin tahun 2013 dalam rangka mengamankan perayaan Natal dan tahun baru 2014.

Hal ini dikatakan oleh Kasubag Humas Polresta Jambi, Iptu Rahmalina saat dikonfirmasi kemarin (12/12). \"Pengamanan akan melibatkan personel gabungan Polri/TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, kesehatan, serta pramuka,\" kata Rahmalina.

5 pos pengamanan yang akan didirikan yaitu di Gereja HKBP, Gereja Santa Theresia, Gereja Aur Duri I, Gereja Kota Baru, dan KONI. Sedangkan 3 pos pelayanan, akan didirikan di depan WTC Batanghari, eks arena MTQ, dan Taman Remaja.

Selain pengamanan gereja, Rahmalina mengatakan Polresta Jambi juga akan mengerahkan personel untuk mengamankan objek-objek vital lainnya, seperti masjid, bank, tempat rekreasi, serta tempat-tempat hiburan lainnya.

(wne/feb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: