Sejak Bayi Dimanja, Hasilkan Mutiara Kelas Dunia

 Sejak Bayi Dimanja, Hasilkan Mutiara Kelas Dunia

 Proses itu membutuhkan waktu hingga dua tahun. Pada periode tersebut, perawatan rutin dilakukan dengan cara menyikat kerang dan membersihkan rajutan tali dari kerang-kerang liar yang ikut menempel. Tidak semua kerang bisa bertahan hidup. Di antara 10 juta kerang yang diinapkan di laut, hanya sekitar sejuta yang bisa bertahan hingga dua tahun. Kerang-kerang itu lantas diangkat, lalu dibawa ke laboratorium untuk \"dioperasi\".

 Dalam proses alami, mutiara terbentuk ketika ada benda asing seperti pasir masuk ke tubuh kerang, lantas kerang akan mengeluarkan nacre (semacam cairan) untuk membungkus pasir tersebut. Makin lama, lapisan itu kian besar dan mengeras sehingga terbentuklah mutiara.

 Dalam budi daya kerang mutiara, benda asing itu dimasukkan secara sengaja melalui implantasi. Caranya, cangkang kerang dibuka, lantas dimasukkanlah nukleus atau inti berbentuk bulat bersama selembar organ mantel (irisan daging kerang mutiara lain).

 \"Nukleus ini berasal dari cangkang kerang air tawar asal Mississippi (Amerika Serikat) yang digerinda sehingga berbentuk bulat. Cangkang kerang Mississippi ini dipilih karena densitas (kepadatan)-nya sangat bagus,\" terang Gibo.

 Setelah dioperasi, kerang-kerang itu kembali ditempelkan dalam rajutan tali, lalu dikembalikan ke lautan. Dua tahun kemudian barulah kerang bisa dipanen. Tapi, di antara jutaan kerang hasil panen, hanya beberapa ribu yang bisa bertahan. Kerang lantas dibawa ke laboratorium, cangkangnya dibuka, lalu mutiara putih di dalamnya dipetik.

 \"Di sini, dari proses perkawinan di laboratorium hingga mutiara dipanen, melibatkan sekitar 500 karyawan,\" ucapnya.

 Wajarlah kalau harga mutiara sangat mahal. Selain prosesnya panjang dan jelimet, yang terlibat banyak. Di galeri Autore yang terapung di Teluk Nare, mutiara paling murah dijual Rp 1 juta per butir. Jika mutiara berukuran cukup besar, misalnya, berdiameter lebih 1,4 cm, harganya bisa sampai Rp 10 juta\"Rp 40 juta per butir. Jika sudah dirangkai menjadi kalung, anting, cincin, atau gelang, harganya bisa sampai ratusan juta, bahkan tembus miliaran rupiah.

 Mutiara-mutiara cantik itu juga dipasarkan melalui butik Autore yang tersebar di Los Angeles, London, Barcelona, Sydney, Kobe, Tokyo, Monaco, hingga Vicenza, Italia. Dari butik-butik itulah, mutiara asal Lombok sampai ke tangan para selebriti dunia.

(*/c10/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: