Tabrak Warga, Dua Tewas Dua Kritis

Tabrak Warga, Dua Tewas Dua Kritis

Bus Sugeng Rahayu Dibakar Massa

JOMBANG - Amuk massa berujung pembakaran bus terjadi di ruas Jl Raya Perak, Jombang tadi malam. Menyusul kecelakaan maut melibatkan bus Sugeng Rahayu hingga menewaskan pengendara sepeda motor warga setempat. Beberapa bus Sugeng Rahayu (dulu Sumber Kencono) yang melintas juga dirusak dan nyaris dibakar juga.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian menyebutkan, amuk massa dipicu peristiwa kecelakaan di dekat kantor Koramil Kecamatan Perak. Saat itu, Prayudi, 18, warga Desa Barongsawahan, Kecamatan Bandar Kedungmulyo melintas dari arah barat ke timur. Ia berbocengan dengan Santoso, 5, adiknya dan Khusnul Khotimah, 48, ibunya. Dari arah berlawanan, muncul bus Sugeng Rahayu bernopol W 7100 UZ dengan kecepatan tinggi. Saat itu, bus terlihat berusaha mendaului bus yang ada di depannya. Tabrakan maut pun tak bisa dihindarkan. Dalam tabrakan ini Khusnul Khotimah tewas di tempat, dan Santoso meninggal setelah mendapat perawatan RSUD Jombang. Sedangkan Prayudi masih kritis di RSUD. \"Bus Sugeng Rahayu posisinya sedang nyalip, kejar-kejaran dengan bus yang lain,\" ungkap Antok di lokasi kejadian.

Warga sekitar yang mengetahui kecelakaan tersebut spontan menghentikan bus. Untungnya sopir Suyono, 31, asal Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah dan kondektur bus berhasil meloloskan diri keluar dari bus bersama para penumpang hingga tak sampai jadi sasaran warga.  Massa pun melampiaskan kemarahan dengan melempari kaca bus hingga pecah berantakan. Banyaknya warga yang datang membuat akumulasi kemarahan kian memuncak. Bus lantas didorong ke lokasi yang agak jauh dari pemukiman warga untuk dibakar. Benar saja, setelah bus didorong beramai-ramai ke tempat yang dikanan kiri jalan tak ada rumah warga, bus yang telah kosong itu pun dibakar.

Beberapa anggota polisi yang datang ke lokasi kejadian sempat berusaha menghentikan aksi massa itu. Namun warga yang sudah tersulut emosi tak mengidahkan larangan petugas. Bahkan petugas nyaris ikut jadi sasaran amuk warga yang sudah beringas.

Tak lama berselang, api mengepuldari depan dan belakang bus malam itu. Ratusan warga tampak senang saat kobaran api melumat badan bus. Ledakan yang terdengar dari dalam bus maupun saat ban pecah langsung disambut sorak-sorai warga. \"Ini bukan kejadian sekali dua kali. Belum ada seminggu yang lalu teman saya juga jadi korban bus Sumber Kencono,\" beber Yanto.  Ia menyebut kecelakaan terjadi di depan SPBU Perak.

Kapolres Jombang AKBP Tri Bisono yang datang ke lokasi kejadian berusaha menenangkan massa. Termasuk meminta warga membuka blokade jalan yang memicu kemacetan lintas jalan dari dua arah. Selang setengah jam kemudian, mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi berhasil memadamkan api.

(nay/abi/nk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: