Jalan Berliku Menuju Pendidikan Berkualitas

Jalan Berliku Menuju Pendidikan Berkualitas

Oleh :  Prof Dr Drs Khairinal, Dpt, BA MSi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambidi bawah kepemimpinan Gubernur Drs. H. Hasan Basri Agus, MM. dengan wakil Gubernur Drs. H. Fachori Umar, M.Hum.  terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerahnya untuk meraih prestasi kemajuan bagi Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Pemprov Jambi berharap di usia yang ke-57  kedepannya harus lebih baik lagi dengan dukungan  pimpinan daerah kabupaten kota, para pengusaha dan seluruh masyarakat Provinsi Jambi. Sehingga dapat terwujud Jambi EMAS  (Ekonomi, Maju, Aman, Adil dan Sejahtera) tahun 2015.

Berbagai pencapaian program telah dilaksanakan dan akan dilanjutkan dalam berbagai program prioritas diantaranya pendidikan yaitu mewujudkan pendidikan yang berkualitas,\"

Mendikbud Mumammad Nuh dalam suatu kesempatan menjelaskan, pendidikan dapat meningkatkan status sosial.Berbekal ilmu pengetahuan yang dimiliki dapat menghindari kemiskinan, ketidak tahuan, dan keterbelakangan peradaban.

Untuk mencapai apa yang disebut oleh Mendikbud RI.Gubernur bersama jajaran Kakanwil Dinas DikbudProvinsi Jambi terus berupaya meningkatkan SDM pendidik, minimal S1 bagi guru SD. Ini menjadi program Pemrov Jambi dalam waktu dua tahun ini, jangan ada lagi sekolah yang tidak layak termasuk sarana pendukung seperti software dan hardware-nya. 

Meningkatkan SDM tenaga pendidikan menjadi salah satu sisi penting untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Pemprov Jambi akan terus membantu anak-anak kurang mampu untuk mengenyam pendidikan dengan dana yang telah dianggarkan. Setiap anak memperoleh kesempatan yang sama dalam pendidikan, apalagi anak kurang mampu di pedesaan”. 

 

Masalah pendidikan:

Masalah pendidikan memang menumpuk, selalu ada positif dan negatifnya itulah hukum alam  pemiliknya adalah sang Kholik Allah Yang Maha Pencipta. Itulah pula yang menjadi  lika-liku sekelumit realitas pendidikan di tanah air dan di Jambi khususnya seperti: Kelas yang rusak, tahun ajaran baru orang tua resah, biaya pendidikan yang tinggi, anak menjadi buruh, fasilitas sekolah serba terbatas, gurunya pas-pasan, banyak ketimpangan sosial,maraknya tawuran antar pelajar, demonstrasi mahasiswa yang seharus humanis, kecurangan saat UN, maraknya seks bebas  dan adanya kecenderungan merosotnya akhlak  mulia generasi muda.  Masalah seperti ini memerlukan penanganan yang sungguh-sungguh dari berbagai pihak secara terpadu dan terus-menerus.

 

Jawaban Masalah:

Dinas Dikbud Provinsi Jambi menyusun  Visi : Menghasilkan Manusia Supra Enterperneur Tahun 2025. Tercapainya visi Dinas Pendidikan Provinsi Jambi tersebut harus didukung oleh berbagai variabel seperti:

Pertama: Pemprov Jambi, Gubernur bersama jajaran Kakanwil Dinas Dikbud Provinsi Jambi adalah sebagai garda terdepan dalam perencanaan program untuk mengubah wajah pendidikan bagi putra-putri Jambi mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Program andalan untuk ini adalah: Jambi EMAS, Samisake dan Beasiswa Pemda Jambi. Semua masyarakat Jambi harus bersama-sama mengawal program andalan Pemprov Jambi  ini supaya jalannya lancar dan tetap berjalan lurus diatas relnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: