Aplikasikan Metodologi Pembelajaran yang Efektif

Aplikasikan Metodologi Pembelajaran yang Efektif

JAMBI-Untuk terus mengaplikasikan metodologi pembelajaran yang efektif, maka SMK DB 4 Kota Jambi saat ini selalu mengedepankan kreativitas siswanya dalam proses pembelajaran.

Menurut Kepala SMK DB 4 Kota Jambi, Drs. Hasan Yamani bahwa proses pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran merupakan salah satu metodologi dalam meningkatkan keterampilan. Selain itu juga peningkatan kreativitas siswa dalam mengaplikasikan mata pelajaran yang sudah diterima mereka.

“Ini memacu para siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam menyalurkan ide-idenya dalam wadah yang positif,” ujar Drs. Hasan Yamani saat ditemui, kemarin.

Diungkapkannya, penyaluran ide-ide positif yang dituangkan dalam bentuk puisi, mading, kaligrafi serta beberapa kreativitas lainnya. Diharapkan dapat mengarahkan perilaku siswa kearah yang positif.

Diakuinya, penerapan tersebut merupakan sarana yang paling tepat sebagai media informasi di sekolah.  “Hal ini sebagai media penyampai informasi berbagai kegiatan di sekolah, serta menampilkan kebolehan para siswa dalam berkreasi,” ujarnya.

Dengan demikian, baik mading, puisi maupun hal lainnya yang dihasilkan oleh para siswa, sepenuhnya dikelola oleh mereka sendiri dan dibimbing oleh guru pembimbing di sekolah. “Hal ini kami lakukan sesuai dengan kemampuan mereka,” jelasnya.

Jadi dengan demikian, bukan hanya menjadi bahan perhatian saja, melalui publikasikan seperti itu, siswa menjadi semangat mengembangkan kreativitasnya.  Sebab hasil karyanya akan dinikmati orang banyak, yakni siswa-siswa di sekolah tersebut. “Selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat mengembangkan daya minat baca siswa,” pungkasnya.

(lia)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: