Perlu Didorong Potensi Daerah Terpencil

Perlu Didorong Potensi Daerah Terpencil

Refleksi HUT Provinsi Jambi ke 57

Oleh : Hj Daryati Uteng SE, MM

 

PROVINSI Jambi saat ini sudah memasuki usia ke 57. Bertolak dari kondisi awal provinsi jambi sejak berdirinya pada tahun 1957, dimana pada saat itu provinsi Jambi masih terisolir, minim fasilitas, sarana dan prasarana belum tersedia. Namun, setelah melalui proses pembangunan yang panjang, sekarang kita dapat bersyukur atas keberhasilan pembangunan yang telah dilakukan pendahulu yang telah membawa provinsi jambi mencapai banyak kemajuan dan prestasi.

Kemajuan-kemajuan tersebut dapat dilihat di bidang ekonomi, sosial dan budaya. Maupun bidang lainnya, semua itu telah mengalami peningkatan hingga membuat cakrawala berpikir masyarakat semakin terbuka. Kesempatan masyarakat untuk berusaha terbuka karena berbagai sarana dan prasarana yang telah mendukung.

Hal ini telah mendorong masyarakat lebih giat untuk mencapai kemampuan  dan peningkatan kesejahteraan dengan memanfaatkan potensi serta sumber daya yang dimiliki provinsi Jambi. Hanya saja, ditengah pembangunan yang berlangsung tersebut, masih ada wilayah-wilayah yang terpencil minim prasarana.

Dalam rangka mendorong daerah-daerah terpencil dan tersebar untuk tumbuh dan berkembang dalam membangun daerahnya diperlukan peninjaun situasi dan kondisi daeerah secara rinci. Daerah satu dengan daerah lainnya tentu berbeda dalam hal potensinya. Makanya, masyarakat dan aparat daerah harus didorong untuk mencermati keunggulan dan kekurangan daerahnya. Agar pembangunan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Daerah-daerah harus dikunjungi  secara berkala dari potensi daerah. Baik sumber daya manusia dan sumberdaya alam harus diidentifikasi untuk perencanaan pembangunan. Selanjutnya, masing-masing daerah tingkat kabupaten/kota harus dikembangkan berdasarkan potensi yang ada.  Potensi kecamatan, desa/kelurahan sudah saatnya diberdayakan SDM dan teritorialnya.

Walaupun pembangunan keuangan stabil dan otonomi daerah sudah diterapkan. Namun masih diperlukan perjuangan gigih  agar diperoleh permbangunan yang adil dan proporsional.  Peranan pusat dibeberapa daerah tetap ada. Peranan tersebut harus dikebut dan dilobi.

Pemerintah daerah harus mampu menjelaskan dan mengajukan ke pusat untuk membantu dan ikut merancang pembangunan Jambi yang berkualitas dengan lebih baik dan cepat. Berpijak pada keinginan luhur tersebut, mari kita bersatu padu dan bersama-sama berjuang membangun Jambi untuk maju dan kualitas SDM meningkat dalam memanfaatkan SDA  untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat Jambi.

Mari kita bersama-sama membangun sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang kita cintai ini agar maju, jaya dan sejahterah menjadikan keluarga yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Sehat dan Sejahtera. 

(Penulis adalah calon anggota DPD RI/MPR RI Periode 2014-2019)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: