SDN 92 Terapkan PHBS di Sekolah

SDN 92 Terapkan PHBS di Sekolah

JAMBI- enerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dilingkungan sekolah sangat penting, apalagi yang muridnya masih duduk di bangku SD. Rawan penyakit karena lingkungan kotor bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan anak.

SDN 92 Kota Jambi setiap hari melakukan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekolah, termasuk memungut sampah dan memasukkannya ke bak sampah yang telah tersedia. Namun ada yang unik dalam hal ini setiap murid menggunakan kayu kecil seperti tusuk sate untuk mengambil sampah tidak bersentuhan langsung dengan tangan.

Kepala SDN 92 Kota Jambi, Imran, SPd mengatakan bahwa kegiatan tersebut rutin tiap hari dan murid menggunakan kayu kecil. Untuk menghindari tangan mereka bersentuhan langsung dengan kuman yang ada pada sampah tersebut.

“Kegiatan ini rutin tiap hari apalagi kalau banyak daun berguguran itu semua bisa mengakibatkan lingkungan kotor. Sehingga setiap murid diajari untuk bergotong royong membersihkan daun-daunan yang berguguran serta sampah lain,” ujar Imran, kemarin.

Diungkapkannya bahwa dengan mereka menggunakan kayu kecil sebagai tusukan kayu agar terhindar dari kuman akibat bersentuhan langsung dengan sampah. Walaupun nantinya murid tetap mencuci tangan setelah membersihkan.

Untuk menerapkan PHBS di lingkungan sekolah dimulai dari hal terkecil seperti mencuci tangan setelah melakukan aktivitas apa lagi murid SD masih terbilang kecil. Sehingga untuk mendidik mereka butuh kesabaran.

Sedangkan dari pantauan Jambi Ekspres, setiap murid yang memungut sampah sangat antusias dan sesekali mereka kelihatan bercanda dengan teman-temannya terbukti kalau keceriaan itu ada di wajah yang masih terbilang polos.

“Untuk mendidik anak agar selalu menerapkan perilaku hidup bersih kita mulai dari hal terkecil. Selalu diajarkan mencuci tangan setelah melakukan aktivitas dan membersihkan sampah yang ada di sekitarnya secara bersama agar kelak jika mereka sudah dewasa sifat gotong royong sudah tertanam dalam dirinya,” ungkapnya lagi.

Dirinya juga menambahkan bahwa PHBS di sekolah, merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktekkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. Secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Pentingnya PHBS agar tercipta sekolah yang bersih dan sehat, sehingga siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah terlindungi dari berbagai gangguan dan ancaman penyakit. Meningkatkan semangat proses belajar mengajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa.

“Sekolah sebagai institusi pendidikan semakin meningkat  dan mampu menarik minat orangtua. Semoga apa yang diajarkan untuk setiap murid di lingkungan sekolah mereka dapat memberlakukannya di lingkungan rumah atau pun tempat lainnya,” pungkasnya.

(lia) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: