Karam Bersama 55 Mobil

Karam Bersama 55 Mobil

 JAKARTA - Kapal jenis ro-ro (roll on-roll off) jurusan Pelabuhan Pangkal Balam\"Tanjung Priok tenggelam sebagian di perairan Tanjung Priok, Jakarta, kemarin (14/1) pukul 03.45. Untung, musibah tersebut tidak sampai memakan korban jiwa.

 Awalnya, kapal penumpang dan barang tersebut akan berangkat menuju Bangka Belitung. Namun, tiba-tiba kapal mengalami kemiringan sekitar 10 derajat sejak pukul 03.00. Kemudian berangsur-angsur miring hingga terguling dengan kemiringan 90 derajat yang mengakibatkan separo badan kapal terendam air.\"

 Kepala Pelabuhan Tanjung Priok Kapten Arifin Soenardjo mengatakan, berdasar keterangan dari nakhoda dan pihak pemilik kapal, penyebab musibah tersebut adalah aktivitas pengisian air di lambung sebelah kiri. Hal itu dilakukan dengan maksud menyeimbangkan posisi kapal saat berlayar.\"Tapi malah miring ke kiri,\" kata Arifin saat dikonfirmasi wartawan.

 Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Asep Adisaputra menerangkan,\"masih ada sekitar 55 unit mobil dan 22 kendaraan roda dua yang terjebak di dalam kapal. Namun, pihaknya belum dapat memastikan kerugian materiil yang diderita penumpang kapal ro-ro KM BJL I yang berkapasitas 85 orang tersebut. \"Kapal sudah diupayakan untuk diangkat. Tapi, kami tetap menyelidiki penyebab tenggelamnya kapal,\" jelas Asep.

(ary/puj/c9/kim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: