Sektor Pertanian Rugi Rp. 712 Miliar

Sektor Pertanian Rugi  Rp. 712 Miliar

JAKARTA - Dampak erupsi Gunung sinabung secara ekonomi dirasakan betul oleh warga yang tinggal di sekitarnya. Perekonomian warga langsung limbung, terutama bagi mereka yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Kerugian di bidang pertanian dan perkebunan hingga saat ini telah menembus Rp 700 miliar.

                Kepala Pusat data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pihaknya telah mendapat laporan kerugian dari Dinas Pertanian Kabupaten Karo. Sejak Sinabung erupsi hampir dua bulan lalu, kerugian sektor pertanian ditaksir mencapai Rp 712,2 miliar. \"Kerugian itu dihitung dari 10.406 hektare lahan pertanian dan perkebunan yang puso,\" ujarnya kemarin.

                Lahan tersebut terdiri dari tanaman pangan (1.837 hektare), hortikultura (5.716), tanaman buah (1.630), biofarmaka (1,7), dan perkebunan (2.856). Sebarannya ada di empat kecamatan, yakni Naman Tean, Simpang Empat, Payung dan Tigandreket.

       Sebagai pengganti pekerjaan mereka setiap kepala keluarga pengungsi sinabung mendapat uang padat karya sebesar Rp 500 ribu per 10 hari. Uang tersebut bersifat sementara untuk menggantikan mata pencaharian pengungsi yang hilang akibat erupsi Sinabung.

       Menurut peneliti senior BPPT itu, kerugian besar itu baru didata dari satu sektor saja. Pihaknya masih menunggu perhitungan kerugian secara keseluruhan. Antara lain, perumahan dan permukiman, infrastruktur, ekonomi produktif, sosial budaya dan lintas sektor.

       Sementara itu, kondisi Sinabung hingga saat ini bukannya turun, namun justru meningkat. Kemarin, sejak dini hari hingga pukul 12.00 tercatat gempa letusan terjadi 17 kali didominasi keluarnya awan panas. Jangkauan awan panas tersebut bisa mencapai 4,5 kilometer dari kawah.

       Aktivitas tersebut membuat jumlah pengungsi makin bertambah. Hingga kemarin, jumlah pengungsi mencapai 26.174 jiwa (8.161 KK) yang tersebar di 39 titik pengungsian. \"Suplai logistik masih cukup antara dua sampai lima hari ke depan,\" ucap Sutopo.

 

Kepala BNPB Lapor SBY Terkait Sinabung

Menjelang keberangkatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menuju lokasi letusan Gunung Sinabung di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif melaporkan kondisi terkini di lokasi bencana tersebut. Dia menuturkan saat ini, aktivitas Gunung Sinabung masih fluktuatif. Karena itu, dalam radius lima kilometer dari lokasi telah dikosongkan.

\"Jadi tadi sempat disampaikan kolomnya saja sudah sampai tujuh kilometer. Kemudian radius lima kilometer harus dikosongkan. Sudah saya laporkan Presiden. Beliau memerintahkan saya untuk lebih aktif lagi,\" tutur Syamsul usai bertemu Presiden.

Syamsul juga mengingatkan warga di sekitar lokasi letusan Gunung Sinabung agar mewaspadai lahar dingin yang berasal dari gunung tersebut. Saat ini lahar dingin tersebut masih melewati sungai-sungai di sekitarnya. Namun, ada kemungkinan bisa mencapai permukiman warga yang berada di sekitar sungai. Hal itu yang ia khawatirkan. \"Ancaman lahar dingin cukup besar tapi saat ini masih fluktuatif ya,\" ujarnya.

 

Menyoal pengungsi, Syamsul menyatakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: