Sinabung Keluarkan Awan Panas

Sinabung Keluarkan Awan Panas

MEDAN-Erupsi Gunung Sinabung masih terus terjadi. Bahkan, pada Senin (3/2) sekira pukul 13.45 WIB, erupsi cukup besar terjadi lagi dengan menyemburkan awan panas bercampur material bebatuan. Ketinggian semburan awan panas itu, mencapai 1 kilometer dengan kecepatan 100 kilometer/jam.

\" Untuk erupsi tadi, arah anginnya ke Timur. Sementara untuk radius dari awan panas itu, mencapai radius 3 kilometer yaitu pada Desa Sukameriah dan Desa Bekerah, \" ungkap Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra ketika dihubungi Sumut Pos via telepon.

Lebih lanjut, dikatakannya kalau dalam sehari, Senin (3/2), telah terjadi 4 kali erupsi Gunung Sinabung. Diketahui, erupsi itu terjadi pada pukul 08.30 WIB, pukul 09.55 WIB, pukul 12.30 WIB dan pukul 13.45 WIB.

\" Erupsi yang terjadi hari ini, paling parah pada pukul 13.45 WIB itu, Bersamaan dengan erupsi itu, gempa tremor juga terus terjadi, \" tandas Armen mengakhiri.

Pantauan Sumut Pos, kejadian erupsi itu terjadi setelah tim evakuasi yang bermaksud mengevakuasi jenazah korban guguran awan panas pada Sabtu (1/2) kemari, meninggalkan lokasi kejadian. Bahkan, diketahui kalau saat itu tim sudah meninggalkan pintu perbatasan zona merah yang terdapat di Desa Payung Simpang Gurki Kecamatan Payung. Namun, dari kawasan Desa Tiga Pancur Kecamatan Simpang Empat, terlihat orang-orang menyaksikan erupsi tersebut.

\" Langsung hitam langit ya. Puncak gunung itu juga langsung tertutup. Panas kali awannya itulah, \" ungkap salah seorang warga yang melihat erupsi tersebut.

(ain)

Sumber: