Bentuk Karakter Siswa Dengan Kelompok Zikir

Bentuk Karakter Siswa Dengan Kelompok Zikir

JAMBI-Untuk membentuk karakter siswa yang taat agama dan siap menghadapi dunia tidak hanya dengan ilmu keduniaan, Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurun Najah Kota Jambi membentuk Kelompok Zikir bagi anak didiknya.

            Menurut Usman Fahmi, penanggung jawab Kelompok Zikir MIS Nurun Najah bahwa dibentuknya Kelompok Zikir ini merupakan cara madrasah untuk membentuk karakter siswa-siswi, sehingga dapat menjadi insan yang Islami.

”Kita ingin siswa-siswi di madrasah ini dapat menjadi insan yang Islami, bukan hanya sekedar Islam seacra status agama. Untuk mendekatkan diri kepada Allah salah satu caranya adalah dengan berzikir. Zikir itu untuk mengingat pencipta selalu,” jelasnya.

Kelompok zikir ini, diikuti oleh siswa-siswi kelas tiga dan empat. ”Dalam zikir ini ada tiga tahap yang dilaksanakan. Pertama setiap hari pada awal tahun Islam. Kedua, akhir tahun pelajaran tahun, dan yang ketiga di awal bulan ramadhan atau bulan syakban yang sudah berjalan,” terangnya.

Dalam zikir tersebut, Kelompok Zikir dari MIS Nurun Najah, turun langsung ke masjid-masjid yang ada di Kecamatan Danau Teluk. Diantaranya Kelurahan Olak Kemang, Kelurahan Pasir Panjang dan Kelurahan Ulu Gedong.

”Kita datangi masjid-masjid yang ada. Setelah mengikuti salat berjamaah, barulah kelompok zikir memulai dengan metode zikir, membaca ayat suci Alquran, tausyiah, zikir dan doa. Kita libatkan murni siswa-siswi MIS Nurun Najah,” imbuhnya.

Lebih lanjut Usman menginginkan siswa dapat menjadi anak yang soleh dan solehah serta dapat bertanggung jawab dan berguna bagi nusa dan bangsa.

(lia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: