Pentingnya Motivasi Internal Bagi Siswa

Pentingnya Motivasi Internal Bagi Siswa

JAMBI-Kepala SMAN 11 Kota Jambi, Dra. Hj. Evariana, MPd.I punya trik tersendiri dalam menyemangati anak didiknya, khususnya siswanya yang duduk dikelas XII yang sebentar lagi akan menghadapi UN.

Selain tetap menghimbau anak didiknya untuk lebih giat belajar, menurut mantan guru SMAN 5 Kota Jambi tersebut yang terpenting adalah menjaga motivasi siswa dari dalam.

            “Ini yang paling penting. Bagaimana membangkitkan minat dan kesadaran siswa dari dalam untuk giat belajar dan bersiap menghadapi UN,” papar Eva saat ditemui, kemarin.

            Jika siswa tidak memiliki kesadaran sendiri untuk siap menghadapi UN, usaha semaksimal apapun yang dilakukan pihak sekolah dinilai tidak akan berhasil.

            “Misalnya orangtuanya menyuruh anaknya ikut les. Karena tidak ada kesadaran untuk ikut les yang ada malah lost. Karena itu, kesadaran dari dalam atau internal siswalah yang memegang peranan paling penting,” jelasnya .

            Dengan adanya kesadaran dari dalam, dengan sendirinya siswa akan melakukan berbagai upaya untuk menambah kesiapannya menghadapi UN. Meski demikian, menurutnya les atau tambahan belajar tetap diperlukan.

“Kita sendiri sudah melakukan les yang dari Dinas Pendidikan Kota Jambi itu. Sudah separuh jalan. Sedangkan untuk TO, kita benar-benar mengandalkan pelaksanaan TO yang dijanjikan Dinas Pendidikan baik dari Kota Jambi maupun yang dari Provinsi,” imbuhnya.

            Persiapan tersebut dinilainya sudah cukup maksimal jika siswa mengikutinya dengan serius. “Saya harap hasilnya memuaskan dan siswa kita bisa menghadapi UN dengan sukses dan lulus seratus persen,” pungkasnya.

(lia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: