Baru 8 Persen Penduduk Lulusan S1

Baru 8 Persen  Penduduk  Lulusan S1

BEKASI - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan ada tiga fenomena dunia yang sedang berlangsung dan memengaruhi kehidupan masyarakat internasional.

Pertama, kata Hatta Rajasa, berlangsungnya proses integrasi ekonomi secara global. Namun menurut Hatta hal itu hanya bungkusannya saja.

\"Substansinya, sedang terjadi perubahan peradaban menuju sebuah integrasi dengan segala integrasi yang mempengaruhi budaya manusia,\" kata Hatta Rajasa, di Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (23/2).

Kedua, lanjut Hatta, sedang terjadi intervensi ilmu dan teknologi dalam kehidupan manusia. Kata kuncinya, menurut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, adalah teknologi.

\"Sejarah menunjukkan, negara kaya akan sumber daya alam tidak jaminan negara itu sejahtera. Sumber daya alam akan mendatangkan kesejahteraan kalau teknologi dikuasai untuk pengolah bahan baku tambang menjadi siap pakai,\" ujar Hatta.

Bahkan negara yang minus sumber daya alam tapi menguasai teknologi bisa mendatangkan kesejahteraan. Ini soal kualitas manusia yang mampu mengolah sumber daya alam, jelasnya.

Ketiga, perubahan peta demografi yang dahsyat. Dikatakan Hatta, negara-negara maju saat ini hanya tinggal 40 persen yang masih naik produktifitasnya. Sisanya berada dalam posisi mempertahankan diri sebagai negara produsen.

\"Dalam tiga fenomena besar dunia tersebut, Indonesia ada dimana? Ini pertanyaan penting yang mestinya harus dijawab,\" ujar calon presiden PAN itu.

Dijelaskan Hatta, di Indonesia baru ada sekitar delapan persen lulusan perguruan tinggi. Terbanyak itu lulusan sekolah dasar.

(fas/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: