Pemkot Akan Perbanyak RKB SMP/SMA

Pemkot Akan Perbanyak RKB SMP/SMA

JAMBI-Walaikota Jambi, H. Sy.Fasha terus membuat gebrakan pada dunia pendidikan di Kota Jambi. Setelah menghapus dana komite sekolah yang sempat menjadi keluhan kepala SMP/SMA, maka mulai tahun 2014 Pemkot Jambi akan memperbanyak ruang kelas baru (RKB) untuk SMP/SMA negeri di Kota Jambi.

                Menurut Fasha bahwa program ini dilakukan untuk menampung banyaknya minat orangtua untuk menyekolah anaknya di sekolah negeri, baik dari Kota Jambi maupun luar Kota Jambi. Tetapi karena keterbatasan RKB, maka pihak sekolah tidak mengakomodir semuanya harapan masyarakat.

                “Saya sudah minta konsultan melalui Diknas untuk menghitung berapa sekolah yang belum berlantai dua. Lalu hitung berapa dana yang dibutuhkan untuk menambah ruang kelas yang ada menjadi lantai dua,” ujar Fasha saat ditemui belum lama ini.

                Dikatakan Fasha bila pihaknya harus membebaskan lahan dilingkungan sekolah dengan membangun RKB, maka biaya yang diperlukan cukup besar. Dengan program ini diharapkan harapan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri sangat terbuka.

                “Saya berinisiatif untuk menaikkan bangunan SMP dan SMA yang baru satu lantai menjadi dua lantai. Sehingga ad apenambahan RKB baru dan berapa jumlah siswa yang bisa ditampung dengan penambahan RKB baru ini. Mudah-mudahan akan bertambah siswa sehingga mampu mengantisipasi lonjakan peminat SMP dan SMA negeri,” akunya.

                Untuk itu pihaknya akan mengusahakan pada tahun 2015 sudah mulai terlaksana dan pada APBDP 2014 pihaknya akan membuat perencanaan. “Penyelesaiakan fisik kita harapkan dalam satu tahun selesai dan pola pembiayaanya akan dilakukan multi years,” bebernya.

                Makanya diharapkan pada awal 2016 diakui Fasha masalah RKB sudah selesai dan pihaknya bisa membuat program baru lalu untuk memajukan dunia pendidikan di Kota Jambi. “Doakan saja program ini cepat terealisasi dan akan kita sampaikan ke DPRD Kota Jambi,” akunya.

                Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, H Rifa’I mengatakan bahwa pihaknya akan mendata sekolah yang memiliki potensi untuk ditingkatkan. Sehingga akan terlihat daya tampung yang bisa dipenuhi bagi masyarakat Jambi untuk sekolah di SMP dan SMA negeri di Kota Jambi.

                “Selain itu kita juga akan mencari lahan-lahan baru untuk membuat sekolah-sekolah baru di Kota Jambi. Pokoknya kita akan melakukan pendataan secepatnya dan akan dilaporkan kepada Walikota agar program ini cepat teralisasi,” aku Rifaii.

(kta)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: