SMP PGRI 2 Maksimalkan Persiapan UN

SMP PGRI 2 Maksimalkan Persiapan UN

JAMBI-Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat akan digelar awal Mei 2014 mendatang. Untuk mempersiapkan siswanya secara maksimal, maka SMP PGRI 2 Kota Jambi menggelar try out dalam rangka memberikan gambaran soal-soal yang diprediksikan bakal keluar pada UN nanti.

Kepala SMP PGRI 2 Jambi, Safrijal, SPd  mengatakan, untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi UN, pihaknya berupaya secara maksimal, supaya siswanya bisa mengikuti dan mengerjakan soal UN secara maksimal dengan hasil bisa lulus seratus persen.

“Yang kita harapkan pastinya siswa kita nanti bisa lulus seratus persen. Dan yang tidak kalah penting, mereka dapat melanjutkan ke sekolah yang mereka inginkan bahkan bisa masuk ke sekolah pavorit,” ujar Safrinal saat ditemui, kemarin.

Dikatakannya, persiapan mengahadapi UN ini, pihaknya memang lebih intensif mempersiapkan siswanya. Tidak hanya melakukan try out, pihaknya juga mengurangi kegiatan ekstra kurikuler bagi siswa kelas IX agar lebih fokus terhadap belajar.

Disamping itu, sejak awal Februari lalu, pihaknya juga telah mempersiapkan siswanya dengan memberikan belajar tambahan kepada siswa yang dilakukan usai kegiatan belajar mengajar setiap hari Kamis dan Sabtu.

“Mudah-mudahan dengan adanya persiapan yang sudah dilakukan jauh hari, peserta didik bisa maksimal belajar dan fokus terhadap UN. Insya Allah hasilnya nanti juga bisa optimal sesuai yang diharapkan,” ungkapnya.

 Materi yang diberikan kepada siswa, dikatannya disesuaikan dengan kisi-kisi sebagai pedoman bagi tenaga pengajar. Dalam tambahan jam belajar tersebut, siswa diberikan materi yang berkaitan dengan soal-soal UN. Diantaranya, membahas soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya dan bagaimana strategi mengerjakan beragam tipe soal tersebut.

Tidak hanya itu, masing-masing guru mata pelajaran yang di-UN-kan menganalisa soal-soal yang berhubungan dengan UN. Sehingga, secara maksimal siswa bisa mendapatkan beragam contoh tipe soal yang bakal keluar pada saat UN. Selanjutnya, pada tambahan jam belajar, siswa diberikan materi tentang prediksi soal-soal yang bakal di UN-kan.

Hal dilakukan agar siswa termotivasi untuk berlatih mengerjakan soal UN. Untuk mempersiapkan UN nanti, pihaknya juga tidak hanya menghimbau kepada siswa untuk mengikuti belajar tambahan saja, namun juga menganjurkan kepada siswa untuk berlatih mengerjakan contoh-contoh soal yang bisa didapat dari internet.

(lia) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: