Kuota CPNS Daerah 65 Ribu

Kuota CPNS Daerah 65 Ribu

JAKARTA-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birorkasi (Kemen PAN-RB) sudah membagi kuota CPNS baru rekrutmen 2014. Ujian atau tes CPNS baru siap dilaksanakan pertengahan tahun ini secara serentak di seluruh Indonesia.

Deputi SDM Aparatur Kemen PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, kuota 2014 ini dibagi menjadi dua. \"Yaitu kuota untuk PNS sekian dan kuota untuk PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja sekian, red),\" katanya. Setiawan mengatakan kedua jenis pekerjaan itu disebut Aparatur Sipil Negara (ASN).

Setiawan mengatakan pemerintah pusat mendapatkan kuota CPNS ada 20 ribu kursi dan PPPK 15 ribu kursi. Sedangkan di tingkat daerah, kuota CPNS ada 40 ribu kursi, sedangkan kuota PPPK ada 25 ribu kursi. Dengan demikian secara keseluruhan instansi pusat memperoleh jatah pegawai baru sebanyak 35 ribu orang. Sementara instansi daerah mendapatkan kuota pegawai baru sejumlah 65 ribu orang.

 Setiawan mengatakan ada formasi khusus yang saat ini sedang membutuhkan banyak pegawai baru. Diantaranya adalah guru atau pendidik.

‘’Saat ini ada 428 kabupaten dan kota yang kekurangan guru SD. Hanya ada 59 kabupaten dan kota yang kelebihan guru SD,\" paparnya.

Sementara itu ada 353 kabupaten dan kota yang kekurangan guru SMP, sedangkan 119 kabupaten dan kota lainnya kelebihan guru SMP. Adapun untuk jenjang SMA, ada 177 kabupaten dan kota yang kekurangan guru. Sementara ada 316 kabupaten atau kota yang kelebihan guru SMA.

\"Kebijakan umum dalam rekrutmen pegawai periode 2014 masih menggunakan skema zero growth secara nasional. Artinya jumlah pegawai baru sama dengan yang pensiun,\" urai dia.

Di bagian lain, tahun ini rekrutmen pegawai aparatur sipil negara (ASN) akan difokuskan pada jabatan fungsional tertentu (JFT). Kebijakan tersebut dikeluarkan karena pada seleksi CPNS dari jalur umum tahun 2013, terdapat sejumlah jabatan yang tidak terisi terutama JFT.

\"Jabatan fungsional akan kita prioritaskan tahun ini karena tahun lalu banyak formasi yang kosong,\" kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Setiawan Wangsaatmaja di Jakarta, Jumat (7/3).

Adapun JFT yang akan diprioritaskan antara lain dokter umum/spesialis, dosen, auditor, teknisi komunikasi dan navigasi penerbangan, inspektur navigasi penerbangan, pamong budaya,  perancang perundang-undangan, pengendali ekosistem hutan, guru SMA dan SMK, penyuluh, apoteker, serta perencana pembangunan.

\"Karena pengalaman sebelumnya, formasi tersebut kosong, kami harapkan daerah bisa memberikan kesempatan kepada putra di luar daerah untuk melamar dan mengisi formasi tersebut,\" tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, usulan formasi rencananya akan diserahkan ke Pusat. Penetapan formasi akan dikeluarkan pada Mei atau Juni 2014 dan pelaksanaan tes Juli mendatang.

(wan/esy/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: