MAL Gelar Workshop Kurikulum 2013

MAL Gelar Workshop Kurikulum 2013

JAMBI-Setelah selesainya melaksanakan ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN) pada 10-12 Maret 2013 disela-sela hari pengoreksian hasil ujian, maka Madrasah Aliyah Laboratorium (MAL) Kota Jambi mengadakan kegiatan Sosialisasi Kurikulum 2013 pada Kamis (13/03) lalu.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran dari Dirjen Pendis Kemenag RI pada Juli 2013 bahwa Kurikulum 2013 akan diimplementasikan mulai dari tingkat MI/MTs dan MA pada tahun 2014. Untuk menyikapi hal tersebut MAL perlu memberikan wawasan pengenalan terhadap Kurikulum 2013.

Menurut Kepala MAL Kota Jambi, Drs. H. M. Junaid, MPd.I bahwa d dalam kegiatan tersebut dibahas apa dan bagaimana kompetensi yang akan diharapkan dalam Kurikulum 2013 sebagai seorang guru dalam mengelola pembelajaran.

Untuk narasumber adalah Widyaiswara LPMP Provinsi Jambi, Drs. Zakwan Izma, MPd yang memaparkan tentang pengembangan kurikulum 2013 adalah pengembangan dari kurikulum sebelumnya yaitu  berbasis kompetensi dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu.

Salah satu aspek penerapan kurikulum 2013 menurut nara sumber adalah  perubahan mindset (pola pikir) yaitu memasukan  ranah sikap. Lebih detil beliau memaparkan bagaimana konsep dan strategi di dalam pembelajaran yang menyangkut KD  baik pembelajaran langsung maupun tidak langsung yang merupakan pengembangan dari kompetensi inti.

Guru sebagai ujung tombak dalam penerapan kurikulum diharapkan dapat menyiapkan dan menerima terhadap kemungkinan terjadinya perubahan dengan segala tantangan,  semoga workshop sosialisasi kurikulum 2013 bagi guru MAL memberikan manfaat yang besar.

(kta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: