Tim Pengawas Supervisi Akademik di SMPN 19

Tim Pengawas Supervisi Akademik di SMPN 19

JAMBI-Tim pengawas dari Dinas Pendidikan Kota Jambi melakukan kunjungan ke SMPN 19 Kota Jambi pada Kamis (20/03) kemarin. Dalam kunjungan ini mereka melaksanakan supervisi akademik di sekolah binaan agar mutu pembelajaran guru dan proses pelaksanaan manajemen kepala sekolah berjalan optimal.

Kepala SMPN 19 Kota Jambi, Drs. Arzal, MPd.I mengungkapkan bahwa tujuan pengawas Diknas Kota Jambi mengunjungi SMPN 19 ini adalah dalam rangka untuk melaksanakan supervisi akademik.

“Kegiatan ini biasanya dilaksanakan setiap semester. Tujuan untuk melihat kegiatan guru di kelas, baik cara mengajaraya maupun kelengkapan administrasi guru berupa RPP, silabus, kompetensi dasar dan sebagainya,” ujar Arzal saat ditemui, kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan supevisi akademik ini tentu sangat membantu para guru dalam menjalankan tugasnya, karena pada kegiatan ini para pengawas tidak hanya sekedar melihat. Namun juga diakhir kegiatan pengawas akan memberikan penilain serta akan membimbing para guru, sehingga betul-betul memahami yang dampaknya untuk kemajuan bagi siswa.

“ Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada para pengawas atas bimbingannya. Semoga dengan kegiatan supervise kali ini, akan menambah ilmu para guru untuk mencapai mutu pendidikan yang lebih baik,” harapnya.

Sementara itu Ketua Tim Pengawas, rombonga mengatakan bahwa peran pengawas adalah sebagai penjamin mutu pendidikan dilingkungan sekolah binaannya, guna menilai dari dekat fungsi stategis yang ada di sekolah tersebut.

“Ya, kami ingin melihat secara dekat ataupun menilai dari dekat baik dari fungsi strategis yang ada disekolah maupun dari segi mutu pendidikannya,” ujarnya.

Pada kunjungan supervisi akademik ini, pihaknya tidak hanya datang untuk mengawasi saja, namun juga langsung memberikan bimbingan serta melihat langsung bagaimana proses guru mengajar. Kemudian melihat langkah-langkah apa yang harus mereka penuhi seperti mempersiapkan RPP dan perlengkapan mengajar lainnya.

(lia/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: