Tingkatkan Kedisiplinan dalam Mendidik Siswa

Tingkatkan Kedisiplinan dalam Mendidik Siswa

SATU kata kunci menuju sukses dalam mendidik anak adalah disiplin. Bahkan kata disiplin tidak saja hanya diberlakukan kepada siswa tapi harus dimulai dari perilaku para pendidik itu sendiri.

Moto inilah yang ditanamkan Kepala SDN 103 Kota Jambi, Syamsuddin dilingkungan sekolah yang ia pimpin. “Sebab, tiada kata sukses jika tidak diawali dengan disiplin dan ketekunan,” ujar Syamsuddin, kemarin.

Dikatakannya, kecukupan sarana prasarana sekolah tidak cukup merubah status sekolah. Akan tetapi harus disejajarkan dengan ketransfaransian pegelolan sekolah, sehingga penegasan disiplin proses belajar mengajar. “Tapi harus didukung dengan ketransfaransian dan disiplin,” jelasnya.

Saat ini pihaknya telah mulai melakukan pendisiplinan dengan  mengunci pagar sekolah terhitung dimulainya proses belajar mengajar hingga pukul 14.30 WIB atau seusai proses belajar mengajar.

“Artinya setiap guru dan siswa yang hadir setelah pintu gerbang sekolah terkunci akan diberi sanksi atas keterlambatannya dengan pelarangan masuk. Pelarangan masuk pekarangan sekolah sekaligus melarang ikut proses belajar mengajar,” bebernya.

Dirinya berharap dengan penerapan pendisiplinan seperti ini, dapat lebih meningkatkan kedisiplinan siswa maupun guru. “Alhamdulillah saat ini, dengan penerapan disiplin ini, siswa ataupun guru semakin bisa disiplin untuk tidak datang terlambat kesekolah,” pungkasnya.

(lia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: