MAN Insan Cendikia Terima Siswa Baru

MAN Insan Cendikia Terima Siswa Baru

Pendaftaran Terakhir 5 April 2014

BAGI masyarakat yang berminat anaknya untuk sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia Jambi untuk segera mendaftarkan diri. Hal tersebut dikarenakan pendaftaran akan berakhir pad 5 April 2015. Pendaftaran digelar secara online di http://penerimaan.ic.sch.id secara nasional.

Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2014 ini, MAN Insan Cendikia Jambi akan menerima 120 siswa baru. Dimana siswa boleh memilih 2 MAN Cendikia dari 3 MAN Cendikia yang ada yaitu MAN Insan Cendikia Serpong, MAN Insan Cendikia Jambi dan an Insan Cendikia Gorontalo.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Drs. H. Mahbub Daryanto, MPd.I mengakui bahwa dalam PPDB ini tidak ada kouta daerah khusus Jambi. Calon siswa dari Jambi harus bersaing secara nasional karena MAN Insan Cendikia Jambi standarnya sudah diakui secara Nasional, sehingga perlu perjuangan untuk bisa diterima di MAN Cendikia Jambi.

“Jadi kalau mau bersaing dan diterima di MAN Insan Cendikia Jambi, maka kita harus meningkatkan kualitas SMP/MTs kita agar bisa bersaing ditingkat Nasional. Kalau tahun lalu siswa dari Jambi hanya 38 orang dari 120 orang yang diterima. Untuk tahun ini kita harapan bisa lebih banyak lagi,” harap Mahbub.

Diakui Mahbub, memang ada permintaan dari Gubernur Jambi untuk kouta Jambi dan biaya ditanggung Pmprov Jambi, tetapi nampaknya berat dipertimbangkan pusat karena pertimbangan kualitas. “Jadi kita harus berlapang dana, skerang tugas kita meningkat kualitas kita agar bisa bersaing secara nasional,” akunya.

Sementara itu Kepala MAN Cendikia Jambi, Drs. H. Muslim, MPd mengatakan bahwa PPDB tahun 2014 dengan perekrutan nasional dan siswa yang diterima 120 siswa baru. Pendaftaran secara online dengan mengirim bahan secara online dengan JPEG. Pendaftar dimulai pada 10 Maret lalu dan berakhir pada 5 April 2014.

“Pendaftar bisa melalui server Jambi atau bisa langsung ke server induk di MAN IC Serpong. Jadi dari semua pendaftar se-Indonesia akan diseleksi sesuai dengan tujuan pendaftaran. Penentuan kelulusan sesuai dengan grade dan tahun lalu gradenya 220 untuk bisa lulus,” ujar Muslim, kemarin.

Namun demikian diakui Muslim bahwa siswa memiliki dua pilihan, tetapi pihaknya berharap siswa asal Jambi memilih MAN IC Jambi sebagai pilihan 1, karena persaing lebih ringan. “Apalagi berdasarkan tes tahun lalu, siswa asal Sumatera memilih Jambi karena grade lebih rendah dan bisa bersaing,”
harapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa pendaftaran MAN IC Jambi dimulai pada 10 Maret-5 April 2014, seleksi berkas pada 17-Maret-12 April 2014 dan pengumuman peserta tes 30 April 2014. Sedangkan tes tertulis pada 17 Mei 2014 dan pengumunan hasil tes 11 Juni 2014. Daftar ulang 14-30 Juni 2014 dan awal sekolah 7 Juli 2014.

Syarat pendaftaran adalah peserta didik aktif kelas IX MTs/SMP pada  tahun ajaran 2013/2014. Usia pendaftar maksimal 17 tahun per 1 Juli 2014. Pada kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik).

Dengan ketentuan madrasah/sekolah yang mempunyai rombongan belajar kelas IX sebanyak 1-3 kelas berhak mengirim maksimal 3 orang peserta, 4-6 kelas, berhak mengirim maksimal 6 orang peserta,  > 6 kelas berhak mengirim maksimal 9 orang peserta.

Khusus pendaftar yg memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, lomba-lomba penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek, dapat diberikan rekomendasi tersendiri dari kepala madrasah/sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 3 di atas.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan pendaftaran secara online di alamat http://penerimaan.ic.sch.id. Berkas yang diperlukan saat pendaftaran dikirim  sudah berbentuk file JPEG dan contoh surat-surat dapat download di alamat http://penerimaan.ic.sch.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: