Hanya 55 Persen Siswa Daftar SNM PTN

Hanya 55 Persen Siswa Daftar SNM PTN

JAKARTA - Jumlah pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) tahun ini memang lebih banyak dibanding tahun lalu. Tetapi sajtinya terdapat fenomena lain. Yaitu tidak semua siswa kelas III SMA atau sederajat yang sudah didaftarkan ke pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS), mendaftar ke SNM PTN 2014.

Ketika masa pendaftaran SNM PTN 2014 di tutup awal pekan lalu, jumlah pelamar mencapai \" 777.537 orang atau siswa. Sedangkan pada SNM PTN 2013 jumlah pelamarnya ada 762.690 orang. Kemudian pada SNM PTN 2012 jumlah pelamarnya ada 236.811 siswa. \"Setiap tahun jumlah pelamar SNM PTN memang menunjukkan grafik peningkatan,\" tutur sekretaris kelompok kerja (Pokja) SNM PTN Bambang Hermanto kemarin.

Tetapi di balik peningkatan itu, Bambang mengungkap fakta menarik. Dia menjelaskan sejatinya jumlah siswa yang melamar SNM PTN 2014 itu baru sekitar separuh dari jumlah siswa yang didaftarkan ke PDSS SNM PTN. Diperkirakan jumlah siswa yang didaftarkan pada PDSS oleh pihak sekolah, mencapai 1,5 juta orang lebih. Dengan data itulah, panitia SNM PTN 2014 menargetkan jumlah pelamar bisa mencapai 1 juta siswa.

Bambang mengatakan, perbedaan yang signifikan antara jumlah siswa yang didaftarkan ke PDSS dengan yang mendaftar SNM PTN sudah bisa diamati. \"Fenomena ini menunjukkan bahwa siswa semakin realistis,\" kata dia. Ada sejumlah siswa yang sadar akan kemampuan akademisnya kemudian tidak mendaftar SNM PTN, meskipun sudah didaftarkan ke PDSS.

Seperti diketahui bahwa kreteria penilaian SNM PTN berdasarkan nilai akademis di rapor \"semester 1 hingga 5 dan dibumbui nilai ujian nasional (unas) 2014. Bambang mengatakan selama masa pendaftaran, panitia SNM PTN sudah melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah. Ada siswa yang secara terbuka menyampaikan bahwa mereka pesimis bisa bertarung kuliah di kampus negeri melalui jalur SNM PTN.

 

Bambang menegaskan dari pihak PTN, jumlah pelamar yang hanya separuh dari database PDSS itu bukan persoalan berarti. Bahkan sebaliknya bisa menjadi berkah karena proses seleksinys tidak membutuhkan tenaga besar. Selain itu pelamar SNM PTN umumnya sudah yakin jika nilai akademisnya bagus, sehingga versi PTN seluruh pelamar SNM PTN adalah yang terbaik.

Setelah masa pendaftaran ditutup, tahap yang berjalan saat ini hingga 26 Mei nanti adalah seleksi. Kemudian hasil seleksi diumumkan pada 27 Mei nanti.

Bambang juga mengatakan setelah masa pendaftaran SNM PTN ditutup, terdapat enam kampus yang pelamarnya lebih dari 50 ribu siswa. Yaitu Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Di enam kampus itu, prodi rumpun sosial-humaniora (soshum) yang paling banyak diminati adalah ilmu komunikasi, akuntansi, manajemen, dan hukum. Sedangkan di rumpun sains dan teknologi (saintek) prodi paling ramai adalah di pendidikan dokter, teknik informatika, agribisnis, dan farmasi.

(wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: