Tanamkan 9 Nilai Karakter pada Siswa

Tanamkan 9 Nilai Karakter pada Siswa

JAMBI-Untuk membentengi siswanya agar terhindar masalah korupsi, maka ada 9 nilai karakter yang ditanamkan SMPN 2 Kota Jambi kepada siswa. Dimana 9 nilai karakter yang perlu ditanamkan adalah tangung jawab, disiplin, jujur, kesederhanaan, mandiri, kerja keras, rasa adil, keberanian dan kepedulian.

“Jika 9 nilai karakter tersebut sejak dini kita tanamkan pada siswa, saya yakin para siswa pada saat terjun ke masyarakat tidak korupsi,” ujar  Kepala SMPN 2 Kota Jambi, Yasmir, SPd saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Diungkapkan bahwa kejahatan korupsi telah tampak terjadi diberbagai lini, baik di daerah dan di pusat pemerintahan maupun swasta. Sehingga menjadi perbincangan yang tak habis-habisnya meski yang menyebalkan.

Akibat kejahatan korupsi menurutnya negara dan rakyat telah dirugikan secara material maupun imaterial. Lebih lanjut menurutnya pendidikan korupsi harus diajarkan ditiap sekolah.

“Meski belum masuk sebagai mata pelajaran dan hanya menjadi muatan yang terintegrasi dengan pendidikan karakter. Namun kami berusaha memberikan pelajaran itu disaat menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu disetiap kesempatan kami juga berusaha memberikan pelajara tersebut,” jelasnya.

“ Oleh karena itu,  saya akan berusaha menanamkan sejak dini anak didik dengan karakter anti korupsi. Negara Ini sangat merindukan orang-orang yang jujur untuk menjalankan pemerintahan yang bersih dan berwibawa,” tegasnya.

(lia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: