Ciptakan Sekolah Berwawasan Lingkungan

Ciptakan Sekolah Berwawasan Lingkungan

TIDAK mudah untuk menciptakan sekolah yang berprestasi dalam waktu yang singkat, terutama sekolah yang berprestasi dan berwawasan lingkungan. Selain butuh kerja keras juga dibutuhkan kebersamaan semua pihak di SMPN 23 Kota Jambi.

Kepala SMP N23 Kota Jambi, Jasmine Munthe, SPd mengatakan bahwa untuk menciptakan sekolah berwawasan lingkungan ini, maka harus ada kerjasama siswa maupun seluruh warga sekolah agar peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah.

“Paling tidak saya ingin menunjukkan bahwa lokasi sekolah di pinggiran ternyata bisa bersaing dengan yang ada di kota. Ini menjadi motivasi tersendiri untuk saya,” ujar Munthe saat dihubungi kemarin.

Dikatakannya bahwa upaya untuk menerapkan sekolah hijau ini adalah salah satu faktor untuk membuat siswa nyaman mengikuti kegiatan belajar mengajar di SMPN 23. Apalagi lokasi SMPN 23 diakuinya memang terletak di pinggiran kota harus disadari betul bahwa sekolah yang bersih dan rindang menjadi fasilitas yang tidak boleh diabaikan.

Sekolah berwawasan lingkungan ini dibeberkannya merupakan salah satu program pemerintah untuk memperkenalkan pola hidup bersih, sehat dan mencintai lingkungan hidup sejak usia dini. Sekaligus mengajak masyarakat agar ikut berperan serta aktif menjaga kebersihan lingkungan.

“Lokasi sekolah ini teduh dan asri serta didukung area penanaman pohon di sekitar SMPN 23, tetapi selama ini tidak dimanfaatkan. Untuk itu saya tidak akan tinggal diam untuk memanfaatkan areal sekolah ini agar dapat dijadikan taman sekolah dan tempat lainnya,” akunya.

Selain itu dikatannya bahwa upaya pendidikan lingkungan hidup juga akan menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah sebagai implikasinya. Selanjutnya akan mengikuti lomba-lomba kebersihan. “Harapan kita agar Pemkot Jambi mempunyai perhatian lebih terhadap SMPN 23 mengenai konsep sekolah hijau ini,” harapnya.

(lia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: