Toyota Kuasai Ekspor Mobil

Toyota Kuasai Ekspor Mobil

JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah mengekspor kendaraan utuh atau CBU (completely built-up) sebanyak 33.327 unit pada kuartal pertama 2014. Angka itu naik enam persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Porsi terbesar ekspor Toyota disumbang Fortuner sebanyak 11.996 unit.

                \"Total volume eskpor kendaraan Indonesia kuartal pertama 2014 adalah 44.645 unit. Toyota ekspornya 33 ribu unit. Ini artinya lebih dari 70 persen dari total volume ekspor kendaraan roda empat disumbangkan Toyota,\" ujar Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono di Pelabuhan Tanjung Priok kemarin (6/5).

       Selain mengandalkan Fortuner, Toyota juga mengekspor kendaraan keluarga Kijang Innova yanh menyumbangkan 3.843 unit. Sedangkan Vios menjadi andalan baru untuk produk ekspor. \"Vios yang pengapalan perdananya baru dilakukan Maret lalu langsung mencatatkan volume ekspor 2.861 unit,\" lanjutnya.

                Model lain yang juga diekspor yaitu Avanza, Yaris, Rush, dan Town Ace yang total membukukan 14.627 unit. Selain mengekspor kendaraan utuh, TMMIN juga mengekspor kendaraan setengah jadi atau CKD (completely knock down).

                \"Kita juga ekspor komponen kendaraan. Seperti mesin bensin utuh dan juga cylinder head ke mancanegara,\" sebutnya.

(wir/oki)

     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: