SDN 131 Ciptakan Lingkungan Sehat dan Hijau

SDN 131 Ciptakan Lingkungan Sehat dan Hijau

JAMBI-Penataan lingkungan sekolah menjadi Green School merupakan salah satu program yang dibuat SDN 131 Kota Jambi. Program ini diharapkan dapat menciptakan suasana lingkungan sekolah yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses KBM yang nyaman.

Bila disuatu sekolah tidak ada program penghijauan, maka banyak sekali dampak negative yang ditumbulkannya, seperti global warming, dampaknya bagi kesehatan masyarakat dan sekolah itu sendiri.

Kepala SDN 131 melalui Waka Kurikulum, Nazirwan, MPd. I menuturkan bahwa penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi alam agar dapat terus berproduksi dan berfungsi secara optimal. Baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan.

“Kami ingin membangun peran penting dalam menciptakan lingkungan sehat di sekolah dengan penanaman pohon dan berbagai tumbuhan. Karena apabila lingkungan sehat, maka semua makhluk hidup yang ada disekeliling kita akan dapat bernafas dengan baik,” ujarnya.

Terutama bagi siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik. Apabila halaman sekolah hijau dengan pohon dan ruangan kelas bersih pastilah udara akan sejuk. Oleh karena itu otak dapat menjalankan fungsi dan kegunaannya dengan sempurna. “ Otak dapat bekerja dengan cepat,” sebutnya lagi.

KMenurutnya, otak manusia memiliki berjuta-juta rangsangan yang meliputi dan melindungi otak agar otak dapat bekerja dengan maksimal. Setidaknya dengan penghijauan akan menjaga kebersihan udara. “Karena orang sukses pasti berasal dari lingkungan yang sehat dan bersih. Sehingga dia dapat berfokus pada pelajaran yang ia terima,” pungkasnya.

(lia) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: