Gunakan Pendekatan Active Learning

Gunakan Pendekatan Active Learning

JAMBI-SD Islam Al-Azhar Jambi dalam pembelajarann menggunakan pendekatan active learning. Menurut Kepala SD Islam Al-Azhar Jambi, Rini Kartini, SAg bahwa saat ini pihaknya tengah berupaya mengembangkan multiple intelegience serta senantias mengintegrasikan nilai-nilai budi pekerti dalam kegiatan belajar mengajar.

“Kegiatan belajar mengajar di SD Islam Al-Azhar Jambi dilaksanakan dalama hubungan antara siswa dan guru yang Islami, hangat, saling meneriman, meghargai, akrab dan terbuka. Sehingga memungkinkan siswa untuk mengekspresikan dirinya dengan dinamis dan menyenangkan,” ujar Rini kemarin.

Dikatakan Rini bahwa dalam setiap pembelajaran menggunakan perangkat pembelejaran yang berkaitan dengan nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa.

Selain itu, pembelajaran agama yang dikembangkan melalui praktek ibadah sehari-hari yang mencakup ikrar pagi, salat dzuhur, ashar, salat jum’at berjamaah. Lalu membaca Al-Qur’an, membaca surat-surat pendek serta penerapan budi pekerti luhur sehari-hari.

“Untuk program penunjang pelajaran, kita selalu mengadakan kegiatan perlombaan memperingati hari besar Islam dan nasional, ada karya wisata, kunjungan belajar, guru tamu, cooking class, pesantren kilat, Sabtu bersih, sport dan art day. Pemilihan putra dan putri terbaik, bulan bahasa, program kelas terbaik, program moving class untuk kelas VI dan pentas seni untuk semua,” ungkapnya.

Untuk kegiatan ekstra kurikuler, SD Islam Al-Azhar memiliki 37 kegiatan seperti drumband, taekwondo, club IPA, seni tari, pramuka, club atletik, tilawah Al-Qur’an, English club, puisi, club Matematika, club music, LCC, melukis/kaligrafi, vocal, pencak silat, karate, seni anyaman, seni modeling, kompangan, tartil Qur’an, dongeng, club sepakbola, seni drama, cerpen, class sempoa, club computer, nasyid, tenis meja, atletik, club takraw, club catrus, club renang, club basket, club boga, club sastram club angklung dan club badminton.

(lia) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: