Kembangkan Bakat Melalui Studi Club

Kembangkan Bakat Melalui Studi Club

JAMBI-Agar potensi yang dimiliki siswa dapat dikembangkan dengan maksimal, maka dari itu Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) As-Shidiqi Kota Jambi memiliki program dalam rangka pengembangan minat dan bakat siswa, yakni dengan melalui Studi Club.

Menurut Kepala SD-IT As-Shidiqi Kota Jambi, Rita Fitria bahwa dengan Studi Cklub ini, siswa diberikan keleluasaan untuk memilih, minat apa yang diinginkan dalam mengasah bakat mereka.

\"Pada Studi Club ini di adakan setiap hari Sabtu. Dimana, anak-anak diberikan keleluasaan dalam menyalurkan kreatifitasnya sesuai bakat dan minatnya,\" ungkap Rita.

Progam Studi Club yang diberikan tersebut, diantaranya melukis, bahasa Arab, pidato, menulis puisi, olahraga, menyanyi dan berbagai cabang seni lainnya. Dengan adanya program seperti ini, potensi yang dimiliki siswa bisa terus diasah dan nantinya bisa menjadi keunggulan bagi siswa dalam menghasilkan sebuah prestasi.

\"Kita tentunya, berharap agar siswa yang dididik disini akan menjadi siswa yang berprestasi dalam berbagai bidang, terutama apa yang sudah guru berikan,\" harapnya

Ditambahkan, dalam proses pembelajarannya, mengacu terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dinas Pendidikan yang dipadukan dengan kurikulum jaringan SD-IT Indonesia.

\"Jaringan SD-IT Indonesia tersebut memiliki pelajaran diantaranya, mengaji dengan metode iqra, hafalan Alqur’an, pembentukan kepribadian Islam dan teori serta praktek ibadah, seperti praktek berwudhu, praktek sholat, praktek adzan dan tentang agama Islam,\" jelasnya.

Selain itu, SDIT As-Shidiiqi juga memiliki mutan lokal (mulok) tersendiri. Diantaranya pelajaran sempoa, bahasa Inggris dan pengenalan multimedia. Tidak hanya itu, SD-IT As-Shidiqi juga memiliki menambah kegiatan ekstrakurikuler yang menarik. Yakni, berenang yang dilakukan setiap bulan sekali, perjalanan edukasi dan malam bina iman dan taqwa (Mabit).

\"Yang terpenting dalam pendidikan siswa ini, bagaimana memberikan pembelajaran kepada siswa, dengan menekankan pembiasaan. Sehingga, apa yang dipelajari siswa di sekolah, nantinya juga dipraktekkan di rumah,” benernya.

Program ini sebenarnya yang selalu ditekankan, agar membiasakan siswa dalam kesehariannya, seperti salat berjamaah, mengaji ataupun berprilaku sopan terhadap orangtua. “Dengan harapan siswa ini nantinya di rumah juga mempraktekkan apa yang dilakukan di sekolah, karena kebiasaan yang sudah kita berikan setiap hari,\" harapnya.

(lia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: