>

Toyota Optimis di IIMS 2014

Toyota Optimis di IIMS 2014

JAKARTA-Toyota Indonesia optimis bisa meningkatkan kontribusinya terhadap dalam perekonomian Indonesia ke depan. Realisasi investasi dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan hasilnya seperti peningkatan penggunaan komponen lokal dan peningkatan ekspor.

                “Dengan potensi Toyota Indonesia saat ini dan berbagai kemajuan teknologi yang dimiliki Toyota, kami optimis bisa meningkatkan kontribusi bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk pengembangan industri otomotif dan menghadapi tantangan transportasi ke depan,” kata President Director  PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui saat meresmikan booth Toyota Indonesia pada   penyelenggaraan Indonesia International Motor Show 2014, di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

                Tema yang diusung dalam IIMS tahun ini yaitu Creating Tomorrow for Indonesia, menurut Fukui merupakan wujud semangat dan keyakinan Toyota untuk bersama-sama  dengan stake holder di Indonesia untuk meraih keuntungan dari kemajuan teknologi otomotif. “Melalui tema ini, kami menampilkan berbagai kemajuan teknologi yang sudah diraih Toyota yang kami harapkan bisa memberikan keuntungan bagi kemajuan industri otomotif Indonesia  ke depan,” katanya.

                Sejak 2012 lalu, Toyota Motor Corporation  (TMC) melalui presidennya, Akio Toyoda telah menyatakan komitmennya untuk melakukan investasi secara besar-besar di Indonesia. Tidak kurang dari Rp 25 triliun dana disiapkan oleh Toyota Group untuk memperkuat kegiatannya dalam industri otomotif nasional. Sebagian komitmen tersebut sudah direalisasikan dalam pembangunan pabrik baru untuk penambahan kapasitas produksi dari 130.000 unit/tahun menjadi 250.000 unit/tahun. Saat ini, Toyota juga tengah menyelesaikan pembangunan pabrik mesin dengan kapasitas 195.000 unit per tahun.

                Berbagai langkah yang dilakukan itu telah menempatkan Indonesia tidak hanya sebagai basis produksi dan juga menjadi basis ekspor Toyota ke pasar global. “Saat ini  lebih dari 90% mobil Toyota yang dijual di pasar Indonesia merupakan produksi dalam negeri. Tahun ini kami juga menargetkan volume ekspor bisa naik 30% dibandingkan tahun lalu,” kata Fukui.

                Terkait dengan optimisme itu, dalam IIMS tahun ini Toyota Indonesia menampilkan berbagai produk kendaraan dan kendaraan konsep Toyota dengan teknologi terkini yang akan menjadi tren industri otomotif ke depan,  seperti mobil konsep FCV Next Generation Future Technology  berbahan  bakar hydrogen. “Kami percaya, dengan posisi yang semakin strategis Indonesia berpeluang besar untuk tampil sebagai salah satu negara produsen otomotif terkemuka di kawasan Asia Pasifik, dan Toyota Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan itu dengan memperlihatkan teknologi terbaru masa depan dan tentunya ramah lingkungan,” kata Fukui.

                Dia juga menambahkan, melalui peningkatan investasi dan produksi tersebut, Toyota Indonesia menargetkan penambahan lapangan kerja, tidak hanya yang langsung terlibat dalam kegiatan pabrik Toyota, tapi juga mereka yang diserap oleh perusahaan pemasok. Sampai 2015, Toyota menargetkan tambahan lapangan kerja bagi 1.500 orang untuk kegiatan produksi di pabrik Toyota, dimana secara total tak kurang dari 9.000 tenaga kerja dari hulu hingga ke hilir baik di area pemasaran maupun produksi dan masih ditambah 20.000 orang melalui penambahan kerja di perusahaan pemasok.

                Toyota Indonesia hadir di IIMS 2014 menempati area seluas total 2.850 m2, atau terbesar di ajang IIMS 2014 ini. Selain main booth di indoor  Hall D JIEXpo seluas 2.100 m2, Toyota juga menghadirkan commercial booth seluas 750 m2 di area outdoor.

                Pada indoor Hall D, Toyota Indonesia menampilkan berbagai produk andalannya yang sebagian besar merupakan produksi di dalam negeri seperti Toyota Fortuner, Kijang Innova, Avanza, Vios, Etios, Agya, Rush, Corolla. Produk andalan lainya yang akan dipamerkan adalah Camry Hybrid, Alphard, Toyota 86.

                Sedangkan pada commercial booth, Toyota Indonesia menampilkan produk kendaraan komersial berbagai model dan varian mulai commercial van, pick-up truck hingga Dyna. Toyota juga menghadirkan salah satu bentuk karoseri Dyna yang dijadikan Food Truck. Selain Toyota Dyna HT, XT ST, juga akan ditampilkan Toyota Hilux pick-up dan double cabin, serta Toyota Hi-Ace sebagai commercial van.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: